10 Tempat Wisata di Jakarta Yang Lagi Hits & Instagramable

Geograf – Kali ini kita akan membahas tentang Tempat Wisata di Jakarta yang merupakan salah satu destinasi paling banyak di kunjungi oleh masyarakat di Indonesia. Dimana Jakarta juga sebagai Ibukota Indonesia, tidak hanya terkenal dengan gedung pencakar langitnya saja, tapi Jakarta juga populer akan tempat wisatanya. Mau tahu tempat wisatanya apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Kebanyakan dari mereka berpendapat bahwa kota Jakarta merupakan pusat perekonomian yang lebih identik dengan gedung-gedung tinggi dan juga pusat perbelanjaan barang-barang mewah. Padahal, kalian harus tahu bahwa kota Jakarta juga menawarkan beragam wisata yang menarik dan wajib kalian kunjungi. Mulai dari wisata alam, seni, budaya, sejarah,wisata edukasi, wisata kuliner dan masih banyak yang lainnya.

Tak heran jika banyak wisatawan baik dari dalam ataupun luar kota, yang datang ke ibukota hanya untuk menikmati berbagai tempat wisata di Jakarta. Bagi kalian yang ingin tahu tempat wisata mana aja yang ada di Jakarta. Kalian bisa ikuti terus penjelasan lebih lengkapnya dari awal sampai akhir. Agar kalian tidak ketinggalan informasi seputar destinasi yang ada di Jakarta di bawah ini.

Kumpulan Tempat Wisata di Jakarta yang Populer

Kota Jakarta tidak hanya berperan sebagai pusat Pemerintahan, yang sampai saat ini masih menjadi ibukota dari Indonesia. Hal tersebut yang menjadikan kota metropolitan yang padat dan tidak pernah tidur. Namun, dibalik sibuknya kota Jakarta, apakah kalian tahu terdapat destinasi yang menarik dan wajib di kunjungi? Di bawah ini kita akan sebutkan beberapa destinasi yang bisa dikunjungi. Sebagai berikut :

1. Dufan

Tempat wisata pertama yang akan direkomendasikan yaitu Dufan. Dimana pada wisata tersebut kalian bisa menimati berbagai wahana permainan yang sangat seru dan menyenangkan. Dufan atau Dunia Fantasi Ancol ini berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Dufan ini mempunyai puluhan wahana bermain yang dapat dinikmati bersama dengan teman, pasangan maupun keluarga.

Jika kalian ingin mengunjungi tempat wisata tersebut, disarankan lebih baik datangnya di hari kerja atau weekday. Karena jika kalian mengunjunginya pada saat hari libur atau weekend, biasanya Dufan sangat ramai pengunjung. Sehingga saat kalian ingin menaiki wahana, kalian harus mengantri panjang terlebih dahulu.

  • Jam Buka: 10.00–17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp265ribu-Rp600 ribu
  • Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
Baca Juga:  Akun FF Sultan Gratis Login Gmail, FB, Asli No Hoax Terbaru 2024

2. Monumen Nasional

Tidak lengkap rasanya jika ke Kota Jakarta, tidak mengunjungi Monas di saat liburan. Monumen Nasional merupakan salah satu destinasi yang ada di Jakarta dan sekaligus ikonnya kota Jakarta. Monas merupakan sebuah monumen peringatan setinggi 132 meter dan didirikan sebagai bentuk dalam mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Ikon Monas merupakan emas yang ada pada bagian atasnya, dan pada bagian atasnya kalian bisa melihat pemandangan kota Jakarta secara keseluruhan. Tempat wisata tersebut sangat cocok untuk kalian nikmati bersama dengan keluarga. Jadi kalau ke Monumen Nasional atau Monas, jangan lupa untuk mengajak anak.

  • Jam Buka: 08.00-22.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp2.000- Rp15.000
  • Lokasi: Jl. Tugu Monas, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia

3. Taman Mini Indonesia Indah

Wisata yang satu ini yaitu TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Kalian bisa menemukan wisata tersebut hanya ada di kota Jakarta. TMII merupakan salah satu tempat wisata yang didalamnya terdapat banyak sekali wahana untuk dinikmati. Diantaranya yaitu terdapat miniatur rumah adat, taman bunga, taman dinosaurus, gedung teater, hingga museum yang dapat kita datangi di TMII ini.

Masing-masing wahana memiliki harga tiket masuk, dan kalian bisa memilih ingin masuk ke wahana mana saja. Salah satu Ikon dari TMII ini yang paling banyak di kunjungi yaitu istana anak-anak Indonesia yang gedungnya berbentuk kastil megah berwarna kemerahan. Tempat wisata ini mempunyai area yang sangat luas. Sehingga kalian bisa membawa mobil pribadi untuk berjalan-jalan didalamnya.

  • Jam Buka: 06.00–22.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp25.000/orang
  • Lokasi: Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

4. Sea World Ancol

Tempat wisata lainnya yang terdapat di kota Jakarta yaitu Sea World Ancol. Dimana wisata tersebut tidak jauh dari wisata Dufan, karena masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Sea world sendiri merupakan tempat wisata Jakarta yang menyajikan biota laut didalam akuarium yang sangat besar atau bisa di sebut akuarium raksasa.

Saat kalian memasuki wisata tersebut, kalian dapat menelusuri terowongan bawah air. Kemudian kalian dapat berinteraksi dengan hewan air, hingga menyaksikan pemberian makan hewan laut. Sea World Ancol, lebih banyak dikunjungi oleh anak-anak. Jadi sangat cocok untuk kalian mengajak keluarga untuk mengunjungi wisata tersebut.

  • Jam Buka: 09.30–16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp110ribu-Rp130ribu
  • Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara
Baca Juga:  Node Video Mod Apk Premium Unlocked Tanpa Watermark

5. Kebun Binatang Ragunan

Masih banyak wisata lainnya yang perlu kalian kunjungi saat liburan di Jakarta, yaitu Kebun Binatang Ragunan. Nama dari kebun binatang ini sudah tidak asing lagi, sebab menjadi salah satu kebun binatang tertua yang ada di Indonesia, terutama di Jakarta. Tempat wisata yang satu ini, kalian akan menemukan aneka spesies binatang secara lengkap. Mulai dari hewan primata, mamalia, ikan, dan yang lainnya.

Didalam Kebun Binatang Ragunan ini, kalian bisa menemukan sekitar 300 jenis hewan yang berbeda-beda. Kalian bisa mengajak anak-anak saat mengunjungi wisata tersebut. Agar kalian bisa mengenalkan aneka hewan kepada anak-anak dengan mengunjungi Kebun Binatang Ragunan.

  • Jam Buka: 07.00–14.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp3.000-Rp4.000/orang
  • Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

6. Kota Tua

Masih membahas tempat wisata yang ada di Jakarta. Kalian bisa mengunjungi Kota Tua yang ada di Jakarta Barat. Tempat wisata ini sangat pouler dengan bangunan-bangunan kolonial yang sudah sangat tua. Dinamakan kota tua karena memang arsitek banguannya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih tetap dilestarikan hingga menjadi tempat wisata.

Jika kalian tertarik ingin mengunjungi kota tua tersebut. Kalian perlu tahu, di kota tua ini, kalian tidak hanya dapat menikmati pemandangan gedung-gedung masa lalu saja. Kalian juga dapat bersepeda menggunakan sepeda ontel yang vintage. Selain itu juga, disekitar area di kota tua terdapat banyak museum dan juga dapat kalian kunjungi.

  • Jam Buka: 09.00-15.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Lokasi: Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta

7. Taman Ismail Marzuki

Tempat satu yang bisa kalian kunjungi saat di Jakarta yaitu Taman Ismail Marzuki atau bisa disingkat dengan nama TIM. Wisata TIM ini merupakan tempat pentas seni seperti teater, pertunjukan musik, pembacaan puisi dan masih banyak lagi yang lainnya. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kalian mengajak keluarga yang menyukai akan hal berbau kesenian.

Dalam wisata tersebut terdapat enam bagian yaitu teater modern, galeri, bioskop, balai pameran, dan gedung arsip. Kalian bisa cek jadwalnya secara online melalui situs resminya atau dapat melihat di pintu masuk TIM. Pecinta kesenian, kalian wajib datang untuk menambah wawasan dalam hal yang berbau akan kesenian.

  • Jam Buka: 08.00–00.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Baca Juga:  Kinemaster Diamond v2 Apk Download Terbaru (No WM)

8. Pantai Ancol

Didalam kota Jakarta juga kalian bisa menemukan pantai loh. Apakah kalian tahu pantai apa yang ada di Jakarta? Yups betul sekali, kalian bisa menikmati Pantai Ancol tanpa harus ke luar kota. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok kalian jadikan sebagai tempat melepas penat. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ancol ini yaitu di sore hari. Karena kalian bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

  • Jam Buka: 06.00-14.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp25.000
  • Lokasi: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara

9. Petak Sembilan

Tempat wisata yang ada di Jakarta lainnya yaitu petak sembilan. Dimana tempat wisata ini sangat cocok buat kalian yang menyukai nuansa sejarah sambil menikmati beraneka sajian kuliner legendaris. Disini kalian akan dimanjakan dengan pemandangan kota pecinan. Terdapat klenteng, pasar yang menjual aksesoris, dan perabotan khas Tionghoa. Tentunya kalian juga akan merasakan kuliner khas Tionghoa yang dapat memanjakan lidah.

Kebanyak kuliner yang ada di tempat wisata ini merupakan kuliner legendaris yang keberadaannya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Diantaranya yaitu Es Kopi Tak Kie sudah ada sejak 1927, Rujak Shanghai Encim 1950, Ketupat Gloria 1965 dan Cap Go Meh sudah ada sejak 1963. Masih banyak lagi kuliner lainnya yang legendaris dan perlu kalian coba.

  • Jam Buka: 06.00–15.30 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Lokasi: Jl. Kemenangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

10. Planetarium

Bagi kalian yang menyukai tentang astronomi, wajib sekali mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Planetarium. Dimana planetarium merupakan wisata yang ada di Jakarta dan menyajikan pemanndangan luar angkasa yang sangat menakjubkan. Didalam tempat wisata tersebut, kalian akan melihat konsep tata surya dan juga replikas letak planet dan juga bintang.

Planetarium ini terletak di dalam Taman Ismail Marzuki. Nah, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Planetarium, kalian harus datang pagi-pagi. Karena jam bukanya hanya sampai siang saja, jangan sampai kalian hanya bisa melihat diwaktu yang sedikit. Kalian bisa mengajak anak-anak dan memperkenal tata surya, replikas planet dan juga bintang-bintang.

  • Jam Buka: 09.00 – 13.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp7.000 – Rp12.000/orang
  • Lokasi: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Penutup

Itu saja yang bisa disampaikan mengenai Tempat Wisata di Jakarta. Semoga semua informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan terimakasih sudah membacanya sampai dengan selesai. Sampai jumpa si artikel selanjutnya!

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button