5 Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terhapus 2023

Geograf – Setiap harinya banyak orang scroll TikTok untuk menikmati konten-konten menarik. Sosial media satu ini memang menyediakan banyak hal menarik di dalamnya, salah satunya adalah konten FYP yang sesuai selera kita. Kali ini, akan dibahas bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus.

Memperbaiki Akun TikTok Bermasalah

Seperti sosial media lain, untuk memakai TikTok diperlukan pembuatan akun. Meski cukup mudah membuat akun di TikTok, ada kalanya akun TikTok tersebut bermasalah. Bisa saja akun tersebut hilang, terhapus, dan masalah lain sebagainya. Agar dapat mengembalikan akun tersebut, sebenarnya cukup mudah.

TikTok menyediakan beberapa fitur yang bisa membuat para penggunanya lebih mudah mengakses akun yang bermasalah. Kita hanya perlu memahami kegunaan fitur-fitur tersebut lalu memanfaatkannya.

Beberapa Cara Mengatasi Masalah Akun TikTok

Berikut ini akan dibahas beberapa masalah yang mungkin terjadi pada akun TikTok Anda dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Pertama-tama, akan dibahas mengatasi masalah akun TikTok terhapus.

1. Mengembalikan akun terhapus di TikTok

Mungkin ada dari Anda yang sedang bingung karena akun di TikTok terhapus. Tidak perlu khawatir karena akun tersebut dapat saja kembali seperti semula lagi. Tapi ada syarat tertentu yang perlu Anda pahami untuk mengembalikan akun tersebut.

Syaratnya adalah akun itu hanya dapat kembali kalau terhapus atau dinonaktifkan tidak lebih dari sebulan atau 30 hari. Kalau sudah melebihi 30 hari, maka akun TikTok tidak dapat lagi dikembalikan. Kalau Anda tidak sabar ingin mencobanya, ini dia langkah-langkah cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus yang perlu Anda ikuti:

Baca Juga:  Download FR Legends Mod Apk Uang Tak Terbatas Mobil Supra

– Buka terlebih dahulu TikTok di smartphone Anda, masuk ke bagian Profile pada aplikasi TikTok tersebut,

– Lanjut pilih username pada bagian atas

– TikTok menampilkan satu atau beberapa akun aktif di perangkat Anda dan akun yang dinonaktifkan

– Anda bisa pilih akun TikTok yang dinonaktifkan atau dihapus tersebut

– Input nomor telepon, selesaikan verifikasi dengan nomor HP tersebut

– Kalau sudah berhasil, coba pilih aktifkan kembali

– Akun TikTok sudah bisa Anda gunakan kembali.

Itulah beberapa langkah atau cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus.

2. Mengembalikan akun lupa e-mail/ sandi di TikTok

Jika Anda ingin mengembalikan akun TikTok, tapi tidak ingat baik itu email maupun kata sandinya, bisa ikuti tutorial berikut. Untuk cara satu ini, harus ada nomor telepon. Maka dari itu, pastikan akun TikTok terkait sebelumnya sudah tersambung atau sinkron dengan nomor aktif. Karena kalau tidak, maka tutorial berikut tidak bisa Anda lakukan.

Ini beberapa tahap yang perlu Anda lakukan:

– Pertama-tama, Anda harus masuk ke dalam platform Tiktok

– Kalau TikTok sudah terbuka, buka bagian tab Profile, silakan lanjut masuk halaman tambahkan akun atau login TikTok.

– Pilih bagian “Gunakan email atau nomor telepon“.

– Di kolom “telepon“, Anda bisa input nomor HP sesuai akun TikTok yang ingin Anda pulihkan.

– Pilih “Kirim Kode”, nantinya pada perangkat yang memiliki nomor terkait akan ada kode verifikasi.

– Input segera kode verifikasi pada aplikasi TikTok Anda.

Jika beberapa tahap di atas dilakukan dengan benar, akun TikTok Anda sudah berhasil kembali. Selain tahu cara untuk mengembalikan akun TikTok yang terhapus, Anda harus tahu juga cara mengatasi masalah akun karena sandi di atas.

Baca Juga:  HP Fast Charging 120 Watt Spesifikasi dan Harga Terbaik

3. Mengembalikan akun banned atau blocked di Tiktok

Mungkin akun Anda sedang terblokir atau di-banned. Tetap ada cara yang bisa Anda lakukan agar dapat mengembalikannya. Coba ikuti tutorial mengembalikan akun banned di TikTok berikut ini:

– Langkah pertama adalah masuk aplikasi Tiktok dengan akun banned Anda.

– Kalau sudah, muncul tulisan kurang lebih yang menyatakan akun telah diblokir. Biarkan saja dan Anda bisa tekan pilihan “permohonan banding“.

– Selanjutnya muncul halaman dengan sebuah kolom, Anda harus mengisi kolom deskripsi tersebut. Untuk isiannya bisa dengan ungkapan penyesalan, permintaan maaf, dan ungkapan mengenai Anda sendiri yang tidak mengulangi kesalahan sebelumnya. Untuk langkah satu ini, Anda harus tahu apa yang membuat akun terkait bisa dibanned.

– Langkah selanjutnya adalah memilih “ajukan banding”.

– Anda bisa menunggu sampai permintaan tersebut disetujui.

Semisal banding tersebut sudah disetujui, maka akun TikTok langsung bisa kembali digunakan. Sedangkan lamanya waktu bisa berbeda-beda untuk tiap permasalahan akun TikTok.

4. Mengembalikan akun dengan nomor non aktif di TikTok

Sama mudahnya dengan cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus jika ingin mengatasi masalah nomor tidak aktif. Sebelum lanjut ke langkah-langkahnya, Anda harus memastikan kalau nomor HP terkait belum diproses oleh provider untuk digunakan kembali. Kalau syarat tersebut sudah dipastikan, bisa coba lakukan langkah-langkah berikut agar bisa mengembalikan akun tersebut.

– Setelah TikTok sudah terbuka, Anda bisa masuk ke bagian Profil

– Pilih bagian Pengaturan & Privasi dan pilih bagian Kelola Akun

– Dari opsi yang muncul, pilih email. Input email Anda dan pilih Send Code

– Masuk ke aplikasi email, cek apakah ada pesan email dari TikTok atau tidak mengenai verifikasi data

Baca Juga:  Khasiat Uang Seri 333 Misteri dari Rahasia Angka Kembar

– Lakukan verifikasi yang dianjurkan, masuk bagian kelola akun lalu klik password

– Pakai email di bagian bawahnya lalu send code

– Lanjutkan verifikasi email, lalu kalau semua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, cara ini selesai.

5. Mengembalikan akun yang kena hack di TikTok

Kemungkinan permasalahan lain pada akun TikTok yaitu dihack. Agar bisa mengatasi masalah tersebut, coba beberapa cara berikut ini:

– Kalau aplikasi TikTok sudah terbuka, masuk menu profile, cari icon garis tiga dan klik

– Masuk opsi Keamanan

– Coba cek perangkat yang login dengan akun Anda, jika terdapat indikasi akun yang dirasa mencurigakan, maka hapus perangkat. Dengan dihapus maka bisa menghindari hack maupun menghapus akses hacking tersebut.

Syarat Agar Bisa Memulihkan Akun di TikTok

Agar dapat mengembalikan akun, ada beberapa syarat penting yang harus terpenuhi. Kalau syarat berikut tidak terpenuhi, maka akun Anda bisa saja sudah tak dapat pulih lagi. Berikut beberapa syarat mengembalikan akun TikTok terhapus:

– Tersambung dengan nomor aktif

Akun TikTok lebih baik dihubungkan dengan nomor aktif kalau memang tidak berkenan memakai akun email. Kalau sebelumnya pernah input nomor HP, maka tidak perlu khawatir karena akunnya lebih aman. Baik itu hilang maupun lupa sandi pada akun tersebut, semuanya bisa di atasi.

– Sinkronkan akun dengan alamat email pribadi

Akun TikTok sangat penting juga dihubungkan dengan email pribadi Anda. Kalau lupa sandi, maka verifikasi dapat dilakukan dengan mudah memakai akun email tersebut. Saat email tidak dicantumkan, bisa saja akun TikTok bermasalah tidak dapat kembali. Anda pun diharuskan membuat akun baru.

Harus dipastikan juga email-nya tidak bermasalah atau masih aktif normal. Demikian informasi seputar cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus dan kendala lainnya, semoga bermanfaat.

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button