Apa Itu Ombre Rambut? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Geograf – Apa itu ombre rambut? Ombre rambut adalah teknik mewarnai rambut dengan dua warna seperti gradasi. Tren mewarnai rambut semakin berkembang dan banyak macamnya seiring dengan berkembangnya zaman. Banyak orang yang tak ingin ketinggalan untuk menjadikan penampilan mereka terlihat modis dan stylish. Salah satu tren yang sedang naik adalah rambut ombre.

Warna rambut yang sekarang popular ini berawal dari selebriti Hollywood. Biasanya, warna ombre ini mempunyai karakteristik perpaduan warna yang awalnya gelap lalu semakin terang menuju ujung rambut. Jadi, terlihat gradasi dengan berbagai warna yang keren. Berikut artikel ini akan membahas lebih lengkap mengenai ombre rambut.

Penjelasan Lengkap Ombre Rambut Yang Sedang Tren di Tahun

Model pewarnaan ombre yang tengah viral ini disebut-sebut salah satu teknik pewarnaan yang lebih mudah dibandingka tren-tren sebelumnya. Sebab, tak harus mewarnai seluruh rambut. Bisa dengan warnai sebagian ujung atau setengah dari rambut saja dengan warna yang lebih terang.

Sehingga tidak begitu susah dan repot untuk mengubah seluruh rambut. Tren warna ombre ini juga cocok untuk semua jenis kulit karena terdapat berbagai pilihan warna ombre yang dapat disesuaikan dengan tone kulit dari fair hingga sawo matang seperti kebanyakan orang Indonesia.

Pengertian Apa Itu Ombre Rambut

Apa itu pengertian dari ombre rambut. Ombre adalah sebuah kata yang berasal dari Bahasa Perancis yang artinya adalah shaded jika dalam Bahasa Inggris dan Bayangan dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga:  8+ Arti Mimpi Diterima Kerja Berarti Baik dan Buruk Menurut Primbon

Secara keseluruhan berati ombre rambut adalah teknik pemberian warna rambut dengan akar sambut hingga bagian tengah rambut berwarna gelap. Sedangkan sisanya atau bagian tengah hingga ujung rambut diberi warna yang lebih terang.

Warna rambut ini akan memberikan efek warna alami terang akibat terkena sinar matahari. Biasanya warna ombre diaplikasikan pada rambut panjang. Namun belakangan ombre pada rambut pendek juga telah banyak digunakan dan tak kalah menarik, bahkan akan terlihat lebih fresh.

Alasan Ombre Rambut Jadi Tren Favorite

Ombre rambut akan membuat penggunanya keren dan stylish maka tak heran jika banyak yang menyukainya. Setelah itu, jika mewarnai rambut dengan teknik ombre tidak perlu untuk sering touch up karena earna yang luntur justru akan terlihat tetap bagus karena tercipta gradasi.

Oleh karena itu banyak orang yang suka karena terkesan natural. Selain itu, untuk yang suka tampil berani dan lebih nyentrik bisa juga memilih warna rambut omre yang lebih terang dan mencolok seperti pink, hijau, dan lainnya tapi tetap terlihat keren dan tidak norak.

Cara membuat Ombre Rambut Agar Berhasil dan Bagus

Setiap hairstylist pasti memiliki teknik yang berbeda untuk menciptakan warna rambut ombre yang bagus. Namun tentu saja ada cara umum yang lebih sering digunakan oleh sebagian besar colorist rambut. 

Teknik pewarnaan rambut ombre pada umumnya dilakukan untuk memberi dua warna pada rambut dengan transisi. Transisi tersebut dari warna gelap ke warna yang kebih terang sehingga tercipta gradasi.

Selain itu, terdapat juga teknik ombre highlight, yakni menggabungkan ombre dan highlight. Caranya yaitu ujung rambut terlebih dahulu harus diwarnai dengan warna yang lebih terang dari warna rambut asli.

Setelah itu, rambut bagian bawah atau dari bawah rambut diwarnai secara vertikal ke atas. Mudahnya, rambut diwarnai dari ujung ke tengah rambut. Untuk mendapatkan warna yang merata, colorist rambut biasanya mengoleskan cat ke rambut secara bertahap sedikit demi sedikit.

Baca Juga:  Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi Harga Terbaru

Rambut yang telah selesai beri cat warna kemudian dibungkus dengan aluminium foil agar rambut yang diwarnai tidak bercampur dengan rambut lainnya yang tidak dicat.Pembungkusan ini menunggu beberapa jam agar warna terserap baik.

Oleh karena itu, pewarnaan rambut ini biasanya bisa memakan waktu hingga 6-8 jam. Meski cukup lama, namun sangat worth it dengan hasil perwanaan yang sangat bagus. Dan membuat rambut terlihat indah serta penampilan yang lebih sempurna dan stylish.

Perbedaan Pewarnaan Rambut Ombre dengan Highlight dan Balayage

Setelah mengetahui pengertian hingga cara membuat ombre yang benar, masih banyak orang yang beranggapan bahwa teknik ombre rambut sama dengan teknik balayefe dan highlight. Padahal sebenarnya tidak sama dan ketiganya berbeda.

Ketiga jenis ini jika dilihat sekilas memang hampir sama, sehingga sulit dibedakan oleh orang awam. Namun satu yang jadi pembedannya adalah gradasi.

Pada ombre rambut, gradasi adalah teknik yang paling ditonjolkan dan diutamakan. Sedangkan pada balayage dan highlight lebih berfokus pada teknik pewarnaannya bukan gradasi.

Balayage menggunakan teknik menyikat rambut dengan arah vertikal langsung ke rambut. Begitulah cara balagaye menghasilkan garis warna yang terlihat alami. Sedangkan pada highlight dibuat dengan aluminium foil ketika proses pewarnaan. Sehingga hasilnya, warna tampak lebih pekat atau “ngeblock”. 

Berbagai Jenis Teknik Ombre Rambut Yang Banyak Disukai

Ombre adalah teknik mewarnai yang tengah menjadi tren.Setelah mengetahui pengertian tentang ombre rambut, membahas perbedaaan antara balayage dengan highligt, serta teknik cara mewarnai rambut ombre yang benar.

Kali ini akan membahas tentang jenis-jenis teknik pewarnaan rambut ombre yang banyak disukai ini. Banyak orang yang ingin mengatahui dan mencoba pewarnaan rambut ombre ini. Berikut daftar dan penjelasannya agar dapat memilih teknik ombre rambut.

Baca Juga:  Bokeh China Meaning Asli MP3 Trendsmap Full Bokeh Viral!

Sombre

Sombre atau kependekan dari soft ombre adalah salah satu jenis ombre yang paling sederhana dan cocok digunakan semua orang. Teknik sombre ini menggunakan warna yang lebih soft dan tidak terlalu kontras antara warna ombre yang digabungkan.

Jadi, bagi pemula yang baru ingin mencoba ombre rambut dan masih takut, jenis ombre ini cocok sekali digunakan. Dengan ombre ini akan menghasilkan warna yang lebih lembut dan aman karena tidak mencolok. Pada ombre biasa, akar rambut dengan bawah akan terlihat kontras, namu tidak dengan teknik sombre.

Flamboyage

Teknik ombre rambut flamboyage hampir mirip dengan pewarnaan rambut jenis balayage yang telah dijelaskan diatas. Namun, warna rambut yang dihasilkan akhirnya terlihat lebih seperti ombre.

Teknik flamboyage ini lebih fokus untuk menunjukkan tekstur potongan rambut. Flamboyage ini dapat memberikan ilusi wajah penggunanya terlihat seolah lebih tirus, jika mengaplikasian teknik ombre yang satu ini secara tepat.

Dip Dye

Teknik ombre dip dye ini sedikit berbeda dengan ombre pada umumnya. Dip dye adalah teknik pewarnaan rambut ombre dengan cara mencelupkan ujung rambut. Yang artinya, hanya ujung rambut saja yang dibero warna. Sehingga warna ombre yang dihasilkan akan terlihat lebih kontras dengan warna asli rambut.

Warna yang diaplikasikan contohnya hijau, biru, ungu, merah, dan lain-lain. Jadi warna gradasi tidakk terlihat, karena langsung mencelupkan ujung rambut ke dalam tempat cat pewarna.

Itu dia penjelasan tentang ombre rambut dan variasinya yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan selera, bentuk wajah, dan tone kulit. Diatara teknik ombre diatas, mana yang jadi facorite dan tertarik untuk mencoba?

Vena

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button