Cara Melihat Draf di Instagram, Menyimpan Dan Menghapusnya

Geograf – Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang saat ini sedang sangat digandrungi khususnya oleh kalangan muda. Banyak fitur yang tersedia di aplikasi ini. Salah satunya yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara melihat draf di Instagram?

Pada ulasan kali ini kami akan membahas mengenai fitur-fitur terbaru dari Instagram. Seperti yang kita tahu bahwa Instagram terus melakukan pembaruan dan penambahan fitur-fitur yang semakin bervariasi. Terkadang sebagai pengguna, masih harus beradaptasi sehingga wajar bila terjadi kendala-kendala dan ketidaktahuan terhadap fungsi-fungsi tertentu yang ada di dalamnya. 

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di sini kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai cara-cara menggunakan fitur Instagram terbaru. Mulai dari cara melihat draft, cara menyimpan draft IG ke galeri, menghapus draft, sampai dengan melihat kembali konten atau postingan yang sudah Anda hapus. 

Fitur Draf Instagram

Salah satu fitur baru yang ada di Instagram adalah fitur draft. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan sementara foto atau video yang sedang Anda edit dan belum selesai. Sehingga Anda bisa melanjutkan edit konten tersebut di waktu yang lain tanpa menghilangkan jejak editan yang sudah Anda lakukan sebelumnya. 

Fitur draft Instagram ini juga berfungsi jika Anda sedang melakukan edit foto atau video dan belum mempostingnya, namun tiba-tiba Anda harus meninggalkan aplikasi Instagram karena ada suatu urusan yang mendesak.

Dengan begitu foto atau video yang tengah Anda edit tidak akan langsung hilang begitu saja. Tentu saja ini menjadi sebuah fitur yang solutif karena mengingat Instagram saat ini juga banyak dimanfaatkan tidak hanya untuk aplikasi upload konten saja.

Baca Juga:  Arti Mimpi Sempoa Apakah Bertanda Baik atau Buruk Bagi Bisnis Anda?

Melainkan kini juga banyak dimanfaatkan untuk mengedit konten terlebih dahulu sebelum diunggah. Didukung juga dengan banyaknya fitur dan pilihan menu editing yang bisa Anda peroleh melalui aplikasi ini tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan lain. Misalnya untuk mengedit video yang akan diunggah ke dalam reels, sampai editing foto menggunakan berbagai filter pilihan, sticker, teks, bahkan penambahan lagu. 

Cara Melihat Draf Instagram

Jika Anda merasa pernah menyimpan atau membuat draf di Instagram, lalu ingin membukanya kembali, bagaimana cara melihat draf di Instagram yang sudah Anda buat tersebut? Tentu ini menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak diajukan oleh para pengguna Instagram. Sebenarnya untuk melihat dan mengedit kembali draf yang sudah Anda buat di Instagram sangatlah mudah. 

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuka kembali draf di Instagram adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram yang terdapat pada HP Anda. 
  • Pada halaman awal, silakan Anda lakukan slide ke kanan untuk masuk ke menu pembuatan postingan, story, reels, dan lain-lain. 
  • Setelah masuk ke halaman ini, Anda pilih ikon galeri yang ada di bagian kiri bawah layar. 
  • Maka Anda bisa menemukan letak draft Instagram berada di sebelah kanan tulisan Galeri.
  • Silakan klik, dan selanjutnya akan tertampil materi-materi konten yang sudah Anda simpan dalam draf sebelumnya. 

Untuk bisa mengedit atau membuka kembali draft yang sudah Anda simpan tersebut, Anda tinggal klik pada konten yang hendak Anda buka. 

Ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka kembali draft untuk postingan Instagram Story dan juga Instagram Feeds. Sedangkan untuk Instagram Reels Anda juga bisa mengakses draft yang sudah Anda buat melalui cara melihat draf di Instagram reels berikut ini :

  • Buka aplikasi Instagram yang ada di HP Anda.
  • Pada halaman awal, pilih profil akun Anda dengan klik ikon foto profil yang ada di bagian kanan bawah layar. 
  • Maka selanjutnya akan tertampil halaman profil akun Instagram Anda. 
  • Lalu Anda klik ke ikon reels yang terdapat pada halaman profil tersebut.
  • Di sana akan tertampil draft reels yang pernah Anda buat dan juga semua video reels yang sudah Anda upload. 
Baca Juga:  Dude Theft Wars Mod Apk Unlimited Money & Unlock All Senjata

Untuk mengedit kembali reels yang sudah Anda simpan dalam draf, maka Anda tinggal klik pada konten yang hendak Anda edit tersebut. 

Cara Menghapus Draf Instagram

Draft Instagram Story yang sudah Anda simpan juga bisa Anda hapus jika sudah dirasa tak diperlukan lagi. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan penggunaan memori internal HP Anda. Untuk menghapus draf Instagram bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini :

  • Buka aplikasi Instagram di HP Anda.
  • Di halaman awal beranda, silakan Anda slide ke kanan untuk membuka halaman posting story, feeds, reels dan lain-lain. 
  • Silakan buka draft yang sudah Anda simpan dengan klik menu galery di bagian kiri bawah layar. 
  • Setelah menu galeri muncul, Anda tinggal pilih menu draft yang ada di sebelah tulisan galeri. 
  • Untuk menghapus draft, tekan ikon double square yang ada di pojok kanan. 
  • Lalu centang draft mana saja yang ingin Anda hapus
  • Klik menu hapus, maka draft tersebut akan terhapus dari penyimpanan Instagram Anda

Cara Menyimpan Draf ke Galeri

Selain bisa dihapus draft yang Anda simpan di Instagram juga bisa Anda simpan ke Galeri tanpa harus mengunggahnya terlebih dahulu ke Story atau Reels atau Instagram Feeds. Untuk menyimpan atau mengunduh draft yang ada di Instagram Anda bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama buka aplikasi Instagram yang ada di Hp Anda. 
  • Pada halaman awal atau Beranda aplikasi, silakan slide ke kanan untuk masuk ke menu posting Story Feeds atau Reels. 
  • Buka icon Galery yang ada di bagian bawah layar. 
  • Buka menu draft yang ada di sebelah tulisan Galery. 
  • Buka draft yang hendak Anda simpan ke Galery. 
  • Pilih menu Edit Reels. 
  • Pilih icon unduh atau download yang berada di pojok kanan atas layar. 
  • Tunggu sampai proses penyimpanan selesai, maka konten tersebut sudah bisa Anda simpan ke Galery di Hp Anda. 
Baca Juga:  Hotspot Shield Mod Apk Free VPN Download Full Version Terbaru

Catatan, apabila konten Anda mengandung Instagram Music maka musik tidak akan ikut tersimpan. 

Selain cara tersebut draft yang ada di Instagram Anda juga bisa terhapus secara otomatis. Hal ini bisa terjadi jika Anda meng-uninstall aplikasi Instagram yang ada di Hp Anda. Dengan demikian jika Anda menginstal kembali aplikasi Instagram dan log in ke akun Anda maka draft yang sudah Anda simpan sebelumnya tidak akan kembali muncul. 

Draft Instagram Tidak Muncul

Apakah Anda pernah mengalami masalah ketika draf Instagram yang sudah Anda simpan tidak lagi muncul? Ada beberapa alasan yang menyebabkan hal ini terjadi. Beberapa alasan tersebut antara lain :

Anda secara tidak sengaja menghapus draft Instagram tanpa disadari. Misalnya ketika Anda sedang mengedit konten untuk Reels atau Story tetapi belum selesai lalu Anda menutup aplikasi Instagram dengan tidak memilih menu simpan ke draft terlebih dahulu.

Anda pernah mengunisntstall aplikasi Instagram di Hp. Sehingga ketika Anda menginstallnya kembali draft yang lama tidak lagi muncul di penyimpanan Instagram Anda

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai fitur draft di Instagram mulai dari cara melihat draf di Instagram, cara menyimpannya, hingga cara menghapusnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button