Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online/Offline, Mudah & Praktis

Geograf – Ukuran foto yang terlalu besar akan menyebabkan foto tersebut tidak dapat di unggah. Untuk itu, sebaiknya terlebih dahulu fotonya dikompres atau dikurangi ukurannya. Cara Mengecilkan Ukuran Foto tidak terlalu sulit dan kalian dapat mengecilkan ukuran dengan online atau tanpa aplikasi. Cara yang seperti ini lebih cepat dan mudah, hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Kualitas dari fotonya pun masih bisa dipertahankan.

Untuk mengecilkan ukuran foto, biasanya ada beberapa cara yang dapat digunakan, salah satunya yaitu kompres foto. Kompres foto ini bisa kalian lakukan dengan online ataupun secara daring. Ada beberapa situs gratis di internet yang mempunyai fasilitas unggahan dan unduh foto untuk mengecilkan ukuran foto. Kompres merupakan cara untuk mengurangi ukuran file atau dokumen secara tunggal atau jamak.

Kompres data pada umumnya mempunyai 2 jenis kompres yaitu, kompres dokumen dan kompres media. Mengompres dokumen yaitu mengecilkan ukuran dokumen seperti PDF, Word, dan lain sebagainya. Sedangkan kompres media yaitu mengecilkan ukuran media seperti, MP3, JPEG, MPEG dan lain sebagainya. Untuk mengecilkan ukuran foto termasuk kedalam kompres media.

Salah satu yang dibutuhkan untuk mengecilkan ukuran foto yaitu, ketika kalian melamar pekerjaan secara online. Disaat kalian menggunggah persyaratan lamaran salah satunya foto harus di kompres terlebih dahulu menjadi 100kb. Karena itu salah satu syarat menggunakan foto berukuran kecil dan agar proses unggahan foto berhasil. Kita akan jelasnya secara lengkap mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Foto di bawah ini.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

Kalian dapat mengecilkan foto secara online ataupun daring lewat situs yang dapat diakses secara mudah dan gratis. Ada beberapa situs yang bisa kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran foto sebagai berikut :

1. Compress JPEG

Salah satu situs yang dapat mengecilkan ukuran foto secara online yaitu, dengan menggunakan Compress JPEG. Situs ini merupakan salah satu situs yang sangat populer. Kalian bisa langsung buka situsnya dan langsung coba mengecilkan foto yang diinginkan. Jika sudah membuka situsnya, kalian bisa pilih file yang akan kalian kompres. Compress JPEG mempunyai empat bilik kompresi yaitu, JPEG, PDF, PNG dan GIF.

Baca Juga:  Download Termux Apk Hacker Versi Terbaru No Root

Maksimal file yang bisa kalian kompres secara langsung yaitu 20 foto. Cara untuk mengecilkan ukuran fotonya pun sangatlah mudah. Langsung saja kalian unggah foto yang akan dikompres dan pilih bilik kompres sesuaikan dengan yang akan diunggah. Kalian dapat mengunggah foto dengan jenis JPEG, JPG dan PNG, dan kalian tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai, langsung klik download dan siap disimpan.

2. Image Optimizer

Selain bisa mengecilkan ukuran foto situs Image Optimizer juga mempunyai kelebihan lain. Kelebihannya yaitu bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar dan memperbesar ukuran dokumen. Cara mengecilkan ukuran fotonya pun sangatlah mudah, kalian tinggal unggah dokumen foto yang akan dikompres dengan klik “Choose File“. Selanjutnya, pilih kualitas pada bagian kolom “Optimization“. Setelah itu pilih “Optimize Now“.

3. Tiny PNG

Salah satu situs yang bisa mengecilkan ukuran foto yaitu Tiny PNG. Untuk cara mengecilkan ukuran foto dengan situs Tiny PNG tidaklah jauh berbeda dengan situs lainnya. Terlebih lagi, situs Tiny PNG mampu mengoptimalkan ukuran foto dengan jenis file PNG dan JPEG. Mempunyai ukuran sebesar 5 MB dan dapat kompres sekaligus maksimal 20 gambar.

Dengan situs Tiny PNG, kalian dapat mengecilkan ukuran foto hanya dengan mengunggah foto yang akan dikompres. Setelah itu, kalian hanya perlu menunggunya sampai proses kompres selesai.

4. I Love IMG

Situs yang sederhana yang dapat mengecilkan ukuran foto tanpa ribet yaitu I Love IMG. Untuk cara mengecilkannya sangat mudah sekali, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang akan kita berikan. Setelah kalian masuk ke situs tersebut, kalian klik “Select Images” dan pilih foto yang akan dikompres. Selanjutnya, kalian tunggu beberapa detik untuk mendapatkan hasil foto kompres tersebut.

Baca Juga:  Summertime Saga Mod Apk Download Free Unlimited Money

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Offline

Tidak hanya menggunakan secara online saja untuk mengecilkan ukuran foto. Tapi kalian juga dapat mengecilkan ukuran foto secara offline juga. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengecilkan ukuran foto secara offline :

1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Aplikasi ini salah satu aplikasi yang dibawa oleh windows. Paint juga mempunyai kelebihan, salah satunya yaitu bisa mengecilkan ukuran foto. Kalian dapat mengakses aplikasi ini di menu windows secara langsung. Adapun langkah-langkah untuk mengecilkan ukuran foto dengan menggunakan aplikasi paint sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Paint.
  • Buka dokumen foto yang akan kalian kompres lewat pilihan “file” kemudian “open“‘.
  • Pilih foto yang akan kalian kompres dan klik “open” pada folder dokumen.
  • Selanjutnya, klik pilih “Home” pada aplikasi Paint atau toolbar.
  • Kemudian, klik pilih “Resize”.
  • Setelah itu, kalian tentukan presentase piksel dan sesuaikan dengan keinginan atau bisa juga secara otomnatis.
  • Klik “OK” jika kalian sudah menentukan ukuran.
  • Proses mengecilkan ukuran foto selesai.

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Image Resizer for Windows

Image Resizer merupakan aplikasi yang sangat ringan dan mempunyai ukuran 901 KB untuk mengecilkan ukuran foto. Kalian dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengecilkan ukuran foto. Terlebih dahulu kalian download aplikasinya, agar bisa digunakan secara offline. Adapun langkah-langkah untuk mengecilkan ukuran foto dengan Image Resizer for Windows, sebagai berikut :

  • Download aplikasi Image Resizer terlebih dahulu.
  • Kalian install aplikasinya setelah di download.
  • Kemudian kalian buka folder dan pilih foto yang akan di kompres.
  • Klik kanan pada gambar tersebut.
  • Kalian pilih untu membukanya di “Resize pictures“.
  • Kemudian pilih ukuran gambar yang kalian inginkan seperti, small, large, high dan phone. Bisa juga dengan ukuran lainnya.
  • Selanjutnya klik “Resize“.
  • Gambar yang sudah dikompress akan tersempan dengan sendirinya di folder tersebut.
Baca Juga:  Arti Mimpi Naik Haji Menurut Islam, Psikolog, Primbon Jawa dan Ahli Tafsir

3. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Aplikasi Adobe Photoshop

Masih ada cara lain yang dapat mengecilka ukuran foto yaitu dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, kalian bisa mendownloadnya terlebih dahulu. Agar bisa kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran foto secara offline. Ada beberapa langkah untuk mengecilkan ukuran foto yang bisa kalian ikuti ketika kalian menggunakan aplikasi tersebut. Sebagai berikut :

  • Pertama, pastikan kalian sudah mendownload aplikasi Adobe Photoshop terlebih dahulu.
  • Jangan lupa untuk install aplikasinya
  • Setelah selesai install, silahkan kalian buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya masuk ke menu dan pilih “Image Size“.
  • Pilih foto yang akan kalian kompres.
  • Pilih opsi “Image” kemudian pilih “Image size“.
  • Pilih ukuran gambar pada opsi “Fit to” kemudian klik “OK”.
  • Kalian tentukan ukuran foto yang akan dikompres “weight” dan “Height“.
  • Selanjutnya, kalian klik “OK”.
  • Klik “Save” untuk menyimpan foto dengan ukuran yang baru.

Itulah cara-cara yang bisa kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran foto. Kalian bisa pilih mau menggunakan cara mana yang kalian sukai. Cara mengecilkan ukuran foto bisa dilakukan dengan online ataupun offline.

Penutup

Sampai disini penjelasan mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Foto yang bisa kalian lakukan secara offline ataupun online. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih sudah membacanya sampai selesai, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Bye..

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button