Cara Mengembalikan Nama Kontak yang Hilang di WhatsApp

Geograf – Salah satu aplikasi pesan singkat yang cukup populer dan banyak digunakan adalah aplikasi WhatsApp. WhatsApp memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi seperti fitur menampilkan nama kontak. Namun terkadang secara tidak sengaja nama kontak dapat hilang.

Tentu ada cara mengembalikan nama kontak yang hilang di WhatsApp dengan mudah yang bisa Anda ikuti jika Anda mengalami hal tersebut. Mengingat di era teknologi komunikasi yang semakin berkembang dengan cepat seperti saat ini, pesan singkat memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara instan tanpa harus mempedulikan jarak dan waktu.

Cara Mengembalikan Nama Kontak yang Hilang di WhatsApp

Tak jarang ada segelintir orang yang memiliki masalah seperti kehilangan beberapa kontak penting yang ada dalam aplikasi WhatsApp. Untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa tips atau cara mengembalikan kontak yang hilang di aplikasi WhatsApp.

1. Lakukan sinkronisasi kontak WhatsApp.

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan sinkronisasi pada kontak yang ada pada aplikasi WhatsApp Anda. Sebelum melakukan sinkronisasi, periksa terlebih dahulu untuk memastikan jika kontak yang hilang terdaftar dalam kontak ponel Anda.

Hal yang perlu Anda lakukan saat proses sinkronisasi kontak adalah memeriksa dan memastikan jika sinkronisasi kontak telah aktif. Buka aplikasi WhatsApp Anda dan masuk ke pengaturan dilanjutkan dengan masuk tab akun. Jika sinkronisasi kontak belum aktif, segera aktifkan dan tunggu hingga proses sinkronisasi selesai.

Baca Juga:  OOTD Sweater Hijab Hitam Rajut Oversized Fashionable

2. Perbarui atau update aplikasi WhatsApp Anda.

Kontak WhatsApp yang hilang bisa juga diakibatkan aplikasi WhatsApp yang Anda miliki sudah usang dan butuh pembaharuan aplikasi WhatsApp yang terbaru. Pengembang atau developer dari aplikasi WhatsApp umumnya akan melakukan update atau pembaruan secara berkala.

Jika aplikasi WhatsApp yang Anda miliki membutuhkan update, segera perbaharui aplikasi Anda tersebut. Sesudah Anda mengupdate atau memperbaharui aplikasi WhatsApp Anda kemungkinan kontak-kontak yang hilang pada aplikasi WhatsApp akan kembali seperti semula.

3. Aktifkan izin akses kontak WhatsApp.

Cara mengembalikan nama kontak yang hilang di WhatsApp berikutnya adalah dengan mengaktifkan izin akses kontak WhatsApp yang Anda punya. Biasanya masalah kerap timbul karena Anda lupa atau tidak mengaktifkan izin akses yang penuh ke dalam kontak WhatsApp Anda.

Untuk mengaktifkan izin akses kontak WhatsApp, Anda bisa masuk ke pengaturan ponsel lalu cari dan pilih notifikasi. Temukan aplikasi WhatsApp dalam menu notifikasi tersebut dan aktifkan izin akses kontak WhatsApp. Setelah mengaktifkan izin akses, segera restart ulang ponsel Anda dan kontak yang hilang di WhatsApp Anda akan kembali seperti sedia kala.

4. Perbarui daftar kontak ponsel.

Nama kontak WhatsApp yang hilang dalam aplikasi terkadang bukan hanya terjadi lantaran kesalahan pada aplikasi WhatsApp Anda saja. Ada kemungkinan jika masalah terdapat pada daftar kontak ponsel yang Anda miliki di dalam smartphone kesayangan Anda tersebut.

Caranya cukup mudah, pertama periksa nama kontak WhatsApp yang hilang pada daftar kontak ponsel. Pastikan nomor yang terdaftar sudah benar, jika belum segera perbaiki dengan nomor yang tepat dan sesuai. Setelah itu periksa nama kontak WhatsApp tersebut untuk memastikan jika nomor yang hilang sudah kembali.

Baca Juga:  Download Bling2 Com Live Mod APK Unlock Room 2023

5. Mengimpor kembali kontak yang ada.

Jika beberapa dari tips tersebut di atas masih belum berhasil juga, Anda dapat mencoba cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang dengan cara mengimpor kembali semua kontak yang berada di daftar kontak ponsel ke dalam kontak di aplikasi WhatsApp.

Langkah yang perlu Anda tempuh adalah membuka aplikasi WhatsApp, masuk ke menu pengaturan, pilih tab Akun dan cari opsi impor kontak. Lakukan impor kontak dan tunggu hingga proses pengimporan kontak selesai. Selanjutnya cek kembali apakah nomor yang hilang telah kembali pada daftar nama kontak WhatsApp atau belum.

6. Hapus lalu pasang kembali aplikasi WhatsApp

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan dalam usaha mengembalikan nama kontak yang menghilang di aplikasi WhatsApp adalah dengan melakukan penghapusan dan pemasangan ulang aplikasi WhatsApp yang Anda miliki.

Segera hapus aplikasi WhatsApp yang Anda miliki. Setelah aplikasi terhapus, segera pasang kembali aplikasi WhatsApp melalui platform penyedia aplikasi dan tunggu hingga proses pengunduhan dan pemasangan selesai. Setelah terpasang, Anda dapat memeriksa kontak WhatsApp yang hilang tersebut kembali di aplikasi WhatsApp Anda.

Kontak di aplikasi WhatsApp yang hilang dapat Anda kembalikan dengan memilih beberapa tips yang sudah disebutkan di atas. Apabila Anda tetap tidak dapat mengakses kontak yang hilang, Anda dapat menghubungi layanan pengguna aplikasi WhatsApp untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Ciri-ciri Nama Kontak yang Hilang di WhatsApp

Nama kontak yang menghilang dari daftar kontak di WhatsApp tidak serta merta terjadi karena adanya masalah di aplikasi WhatsApp tersebut. Ada beberapa ciri-ciri umum yang bisa Anda jumpai jika nama kontak hilang di aplikasi WhatsApp Anda seperti yang tertuang dalam pembahasan berikut ini.

1. Kontak hanya menampilkan nomor telepon saja

Satu ciri yang menandakan jika nama kontak menghilang dari aplikasi WhatsApp Anda adalah kontak tersebut hanya menampilkan nomor telepon saja. Hal ini menandakan bahwa nama kontak tersebut hilang atau bahkan tidak terkait dengan nomor telepon tersebut.

Baca Juga:  Twitter Masuk Enak Sakit Mas Jagoan Mama Papa Liar Viral

2. Foto profil menghilang

Salah satu ciri atau tanda jika nama kontak di aplikasi WhatsApp menghilang adalah foto profil pengguna tidak ada sama sekali atau hanya menampilkan gambar default. Dengan menggunakan cara mengembalikan kontak hilang di WA sebelumnya, Anda dapat membuat foto profil kembali muncul di kontak orang tersebut.

3. Tidak dapat menemukan kontak saat pencarian

Tanda berikutnya jika nama kontak hilang dalam aplikasi WhatsApp adalah Anda tidak dapat menemukan kontak tersebut saat melakukan pencarian kontak. Hal ini dapat menunjukkan jika kontak yang Anda cari tersebut menghilang dari daftar nama kontak WhatsApp.

4. Tidak adanya informasi kontak tambahan

Ciri-ciri selanjutnya yang dapat menunjukkan jika nama kontak WhatsApp hilang adalah tidak adanya informasi kontak tambahan pada kontak WhatsApp tersebut. Jika Anda tidak menemukan info tambahan tersebut, bisa saja terjadi masalah pada nama kontak WhatsApp terkait.

5. Tidak terdaftar dalam daftar kontak

Ciri-ciri yang terakhir, Jika Anda memeriksa daftar kontak dan kontak yang Anda cari tidak terdaftar di dalamnya, dapat dipastikan jika kontak tersebut hilang dari aplikasi WhatsApp Anda. Gunakan cara mengembalikan kontak hilang di WhatsApp agar nama kontak tersebut muncul kembali.

Jika ciri-ciri tersebut di atas Anda alami sendiri, gunakan langkah atau cara mengembalikan nama kontak yang hilang di WhatsApp agar kontak yang menghilang dapat kembali seperti semula. Banyak faktor yang mempengaruhi masalah hilang nama kontak muncul di WhatsApp. Dengan penanganan yang tepat, Anda bisa mengembalikan nama kontak yang menghilang dalam waktu singkat.

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button