Download Aplikasi BPJS Kesehatan Untuk Android & iOS Terbaru

Geograf – Demi mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), mengembangkan aplikasi BPJS kesehatan. Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan tanpa perlu repot bepergian dari rumah.

Nantinya, masyarakat yang menjadi pengguna aplikasi tersebut, bisa melakukan sejumlah aktivitas yang biasanya harus mendatangi kantor BPJS terlebih dahulu. Misalnya saja, masyarakat sudah tidak perlu mengecek status pembayaran BPJS, melakukan pembayaran, dan juga bisa akses Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain mengakses JKN, masyarakat juga bisa mengakses Kartu Indonesia Sehat (KIS) dengan mudah. Bisa dikatakan, aplikasi BPJS kesehatan sangat membantu masyarakat dengan sejumlah fitur yang ada di dalamnya. Ingin tahu lebih lanjut mengenai aplikasi ini? Cek uraian berikut ini, ya.

Apa Itu Aplikasi BPJS Kesehatan?

Aplikasi BPJS Kesehatan yang dikeluarkan dan dikembangkan atas program Kemenkes RI ini, diberi nama Mobile JKN. Aplikasi ini, akan memberikan berbagai kemudahan akses serta kenyamanan bagi setiap peserta BPJS Kesehatan yang juga menjadi peserta JKN-KIS.

Dalam aplikasi ini, terdapat berbagai informasi yang lengkap tentang program yang disediakan oleh BPJS. Tak hanya informasi lengkap tentang program, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengubah data peserta dan juga melakukan status pengecekan iuran rutin yang telah dilakukan.

Selain itu, peserta BPJS serta JKN-KIS juga tidak perlu susah-susah lagi datang ke kantor cabang BPJS kesehatan. Jadi, bisa dikatakan bahwa hadirnya aplikasi ini, akan memudahkan setiap peserta BPJS. Salah satu hal yang memudahkannya, yakni dari segi fitur yang lengkap serta memiliki metode penggunaan yang mudah.

Baca Juga:  MLive Mod Apk Unlock All Room Gratis Download Terbaru 2024

Tak cukup di situ. Melalui aplikasi BPJS Kesehatan ini, kamu juga bisa mendapatkan informasi terkini mengenai kesehatan. Jadi bisa dikatakan, aplikasi ini memberikan cukup banyak manfaat bagi para penggunanya.

Fitur-fitur dalam Aplikasi BPJS Kesehatan

Alasan mengapa aplikasi BPJS Kesehatan bisa membuat banyak peserta mendapatkan kemudahan, tentu saja dari fitur yang disediakan. Bisa dikatakan, fitur yang ada dalam aplikasi ini sangat lengkap. Jika ingin mengetahui selengkapnya, kamu bisa cek pada uraian berikut:

1. Info JKN

Fitur pertama yang ada dalam Mobile JKN yakni Info JKN. Fitur ini, punya fungsi memberikan sejumlah informasi lengkap terkait penggunaan dan sejumlah hal yang ada dalam aplikasi. Misalnya saja, informasi mengenai pendaftaran, fasilitas, sanksi, hak, dan juga kewajiban dari peserta BPJS.

Belum cukup di situ. Dalam Info JKN kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai manfaat yang akan dirasakan oleh peserta BPJS.

2. Peserta

Dalam aplikasi ini, juga terdapat salah satu fitur yang diberi nama Peserta. Dari fitur ini, kamu bisa melihat sejumlah informasi mengenai kepesertaan sepeti nama, tanggal lahir, nomor BPJS, kelas, dan juga lokasi fasilitas kesehatan. Kamu pun bisa mengecek informasi keanggotaan dari keluarga yang ikut terdaftar jadi peserta BPJS.

3. Kartu Peserta

Tentu saja, masih ada fitur lain yang ada dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah Kartu Peserta. Fitur ini, berfungsi untuk menampilkan informasi lengkap mengenai kartu pesertamu. Fitur ini sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu, kamu ingin mendapatkan layanan kesehatan namun lupa membawa kartu BPJS.

4. Mengubah Data Peserta

Fitur lain yang juga tak kalah bermanfaatkannya dibandingkan ketiga fitur di atas adalah bisa mengubah data peserta sesuai dengan keinginan. Sejumlah data yang bisa diubah, yakni nomor telepon, email, fasilitas kesehatan, informasi alamat, pindah fasilitas kesehatan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Kumpulan Livery Bussid Lengkap HD Super High Deck 2023

5. Pendaftaran Peserta

Bagi kamu yang ingin mendaftar sebagai peserta BPJS, bukan merupakan penerima upah, maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Kamu hanya perlu memasukkan nomor KTP jika ingin mendaftar sebagai salah satu anggota BPJS.

Selanjutnya, kamu bisa memperoleh sejumlah aplikasi ke alamat email yang sebelumnya sudah didaftarkan menggunakan Mobile JKN atau aplikasi BPJS Kesehatan. Jika ingin menggunakan layanan ini, silakan melakukan aktivasi lewat aplikasi ini terlebih dahulu.

Jika kamu sudah terdaftar sebagai salah satu anggota atau peserta BPJS, silakan masukkan nomor kartu JKN serta password jika ingin login ke dalam aplikasi ini.

6. Premi

Masih ada juga fitur Premi dalam aplikasi ini. Fitur premi, bisa memudahkanmu dalam melihat status tagihan iuran BPJS Kesehatan yang harus kamu bayar. Pembayaran yang dilakukan, tentu saja harus dilakukan oleh PBPU serta anggota keluarga secara langsung.

7. Catatan Pembayaran

Selain mendapatkan beberapa fitur di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur catatan pembayaran. Fitur ini, sangat berfungsi untuk menampilkan riwayat informasi mengenai pembayaran premi, denda, serta pembayaran yang dilakukan melalui ponsel.

Download Aplikasi BPJS Kesehatan Di Android Dan iOS

Bagi kamu yang ingin mendownloadnya, silakan langsung kunjungi Google Play Store atau App Store. Kemudian, ketikkan ‘Mobile JKN’ pada kolom pencarian. Nantinya, kamu bisa klik aplikasi lalu klik tombol Download. Setelah itu, kamu sudah bisa menggunakannya. Kalau belum tahu cara penggunaannya, silakan cek uraian berikut:

1. Bagi Pengguna yang Akan Mendaftar BPJS Kesehatan

Ada perbedaan cara penggunaan aplikasi BPJS Kesehatan bagi yang baru ingin mendaftar dan juga bagi yang sudah mendaftar. Pertama, metode ini bisa kamu lakukan bagi yang belum pernah mendaftar dan baru saja ingin mendaftar. Adapun cara menggunakannya yakni:

  1. Download dan Instal Mobile JKN terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya.
  3. Jika sudah membuka, klik Daftar.
  4. Kemudian, klik Pendaftaran Peserta Baru.
  5. Baca syarat dan ketentuan. Kemudian klik ‘Saya Setuju’.
  6. Masukkan e-KTP serta kode captcha. Klik Selanjutnya.
  7. Nantinya, datamu beserta keluarga yang belum punya atau belum jadi peserta BPJS kesehatan akan ditampilkan.
  8. Klik Selanjutnya.
  9. Isilah sejumlah data diri sesuai dengan yang diminta.
  10. Pilih fasilitas kesehatan pertama.
  11. Selanjutnya, masukkan alamat email serta nomor telepon yang masih aktif.
  12. Pilih Simpan.
  13. Kamu akan mendapatkan nomor verifikasi lewat email.
  14. Salin nomor verifikasi dan letakkan pada aplikasi Mobile JKN.
  15. Tampilan data peserta yang baru saja terdaftar akan ditampilkan.
  16. Kamu akan mendapatkan nomor Virtual Account lewat email.
  17. Selanjutnya, silakan bayar iuran dan kirimkan ke nomor Virtual Account tersebut.
  18. Silakan pilih metode pembayaran menggunakan internet banking, m-banking, ATM, kantor pos, atau lewat merchant BPJS.
  19. Kalau sudah, kamu bisa mengakses seluruh fitur yang disediakan.
Baca Juga:  Hacker Dark VIP Apk Download No Password By Config Gaming

2. Bagi Peserta BPJS Kesehatan

Nah, bagi kamu yang sebelumnya sudah menjadi anggota BPJS, cara yang perlu dilakukan untuk menggunakan aplikasi ini bisa dibilang berbeda. Lakukan beberapa langkah berikut ini jika ingin menggunakannya:

  1. Download dan instal Mobile JKN.
  2. Klik Aktivasi Akun.
  3. Masukkan data lengkap seperti nama, NIK, nomor kartu BPJS, tanggal lahir, email, nama ibu kandung, password, serta konfirmasi password.
  4. Data yang diisi, harus sama dengan data yang sudah terdaftar pada BPJS Kesehatan.
  5. Buka email jika ingin melihat kode verifikasi.
  6. Salin kode tersebut lalu tuliskan atau tempelkan kode pada kolom verifikasi di Mobile JKN.
  7. Klik Verify.
  8. Jika proses verifikasi sudah selesai, kamu sudah bisa login dan mengakses setiap fitur yang disediakan.

Penutup

Nah, itulah sejumlah informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai aplikasi BPJS Kesehatan. Dengan begitu, kamu sudah bisa tahu apa itu aplikasi BPJS, fitur, beserta metode penggunaan sesuai dengan status BPJS Kesehatan yang kamu miliki. Semoga informasi ini membantu.

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button