Wa Web – Cara Menggunakanya, Kelebihan dan Kekuranganya

Geograf – Tidak sedikit orang-orang melakukakan interaksi dengan menggunakan whatsapp. Karena dengan menggunakan Aplikasi whatsapp ini dapat mempermudah kita untuk berkomunikasi yang lainnya. Tidak harus tatap muka ketika kalian ingin mengobrol secara pribadi. Whatsapp tidak hanya bisa kalian gunakan di smartphone saja tapi kalian bisa gunakan di WA Web juga. Bisa kalian gunakan dengan menggunakan leptop.

WA merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat termasuk Negara Indonesia. Whatsapp ini bisa kalian gunakan untuk mengobrol dan melakukan video call secara pribadi ataupun grup. Tidak harus tatap muka ketika kalian ingin mengobrol bersama pasangan ataupun teman-teman kalian. Cukup menggunakan aplikasi whatsapp ini saja kalian sudah bisa berkomunikasi berjam-jam.

Tidak hanya itu saja. whatsapp juga mempunyai fasilitas untuk bisa login di perangkat komputer/ leptop kalian. Aplikasi tersebut terhubung dengan jaringan internet dalam bentuk Whatsapp web atau bisa di singkat WA Web. Aplikasi whatsapp di dalamnya mempunyai banyak sekali fitur-fitur yang akan di dapatkan ketika menggunakan aplikasinya. Tak heran. jika wa menjadi sosial media utama yang paling banyak digunakan di smartphone.

Jika kalian belum pernah menggunakan wa web, kalian bisa mencobanya dan sambungkan dengan smartphone yang digunakan. Wajar jika kalian merasa bingung karena baru pertama kali mengakses aplikasi tersebut. Karena aplikasi tersebut tidak bisa langsung di akses dengan perangkat komputer. Ada beberapa cara yang harus kalian lakukan agar bisa terhubung ke komputer. Nanti kita akan kasih tahu caranya di bawah ini.

Review WA Web

Whatsapp web pertama kali diluncurkan pada tanggal 22 januari 2015 tepatnya 7 tahun yang lalu. Hal tersebut merupakan permintaan orang-orang yaitu pengguna whatsapp yang ingin dapat memakai WA di PC atau leptop. Karena jika kalian bisa menggunakannya di Leptop bisa mempermudah saat ingin mengirim file yang ada di leptop tersebut. Kalian juga dapat dengan mudah untuk memindahkan data-data yang terdapat pada whatsapp.

Baca Juga:  Cara Daftar Shopee Food Merchant Dan Driver Secara Online

Harus kalian tahu, bahwa whatsapp merupakan aplikasi chatting yang sangat populer saat ini. Mengingat hampir semua orang menggunakan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi jadi tidak terlalu mengejutkan. Whatsapp digunakan untuk bermonukasi sehari-hari dengan pasangan, orangtua ataupun teman. Aplikasi ini juga bisa kalian gunakan untuk mengobrol tatap muka atau bisa disebut video call.

Untuk menyambungkan whatsapp yang ada dismartphone ke leptop kalian, hanya dengan menggunakan QR Code sebagai perantaranya. Di laptop akan muncul QR Code yang unik dan bisa langsung kalian scan dengan aplikasi whatsapp yang ada di smartphone. Setelah melakukan QR Code, kalian akan langsung terhubung dengan whatsapp melalui laptop. Koneksi antara HP dan PC tidak akan terputus meskipun keduanya berjauhan.

Sebelum kalian mencobanya, alangkah baiknya kalian perlu ketahui terlebih dahulu. Fitur apa saja yang nantinya akan kalian dapatkan ketika menggunakan WA Web di laptop. Untuk fitur-fiturnya kalian bisa langsung saja lihat dibawah ini.

Fitur-Fitur WA Web

Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan aplikasinya. Berikut ini fitur-fitur yang dimiliki oleh whatsapp web secara lengkap.

  1. Akses ke penyimpanan di leptop, sehingga kalian dapat mengirim berbagai file secara langsung.
  2. Akses ke keyboard leptop untuk mengetik pesan.
  3. Memulai percakapan atau chat baru.
  4. Download apapun yang dikirimkan dari teman, grup atau yang lainnya dan langsung menyimpan di internal laptop.
  5. Mencari kontak atau riwayat chat.
  6. Satu akun whatsapp bisa disambungkan dibeberapa leptop sekaligus.
  7. Membuat grup, mengirim chat ke grup dan melihat informasi grup tersebut.
  8. Koneksi antara WA Web dengan smartphone kalian bisa diputuskan meski keduanya terpisah jauh.
  9. Kirim chat dengan lampiran berupa kontak, foto, dokumen dan video.
  10. Notifikasi suara dan pop up diperangkat desktop.
  11. Kirim voice note, gif dan stiker didalam chat.
  12. Menyeleksi beberapa pesan sekaligus untuk di hapus.
  13. Menonton status yang dibagikan oleh teman ataupun kontak lainnya.
  14. Membalas dan meneruskan pesan.
  15. Mengubah profil dan nama tampilan.
  16. Melihat informasi kontak.
  17. Mengarsipkan percakapan yang tidak diperlukan.
Baca Juga:  Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar/Pasangan Menurut Psikologi & Primbon

Itu saja yang bisa kalian dapatkan ketika menggunakan aplikasi web. Ada fitur lain yang hanya kalian dapatkan ketika menggunakan wa di smartphone saja. Fitur lainnya yaitu panggilan, menyimpan kontak, broadcast pesan dan beberapa fitur lainnya.

Kelebihan WA Web

Whatsapp web mempunyai kelebihan atau keunggulan yang dapat kalian sukai. Berikut ini kelebihan yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan aplikasi web tersebut.

1. Praktis dan Hemat Waktu

Tanpa kalian sadari, saat smartphone kalian berbunyi pasti selalu memeriksa pemberitahuan atau pesan yang masuk. Akan sangat merepotkan ketika kalian sedang bekerja menggunakan laptop. Jika menggunakan web akan mempermudah kalian untuk melihat notifikasi atau membalas pesan yang masuk. Hal tersebut akan menjadi praktis dan hemat waktu. Waktu yang kalian gunakan untuk membuka hp bisa kalian gunakan ke hal yang lebih bermanfaat.

2. Tidak Membebani Kinerja Komputer

Wa Web bisa kalian akses melalui browser seperti situs web lainnya. Untuk mengaksesnya kalian tidak akan membutuhkan sumber daya yang sangat besar. Leptop tidak perlu bekerja lebih keras untuk mengakses halaman tersebut. Maka dari itu whatsapp web tidak akan membuat kinerja leptop jadi lamban ataupun lelet. Kalian masih dapat menggunakannya secara normal.

3. Ketik Pesan dengan Lebih Cepat

Ketika kalian menggunakan whatsapp di leptop, untuk membalas pesan sangatlah cepat. Sebab ketika membalas pesan tersebut kalian menggunakan keyword berukuran besar. Jadi memudahkan kalian untuk membalass pesan secara cepapat. Beda halnya dengan smartphone, keyword yang ditampilkan dilayar HP sangatlah kecil. Sehingga ketika membalas pesan tersebut akan lembat dan dan sering terjadi kesalahan saat mengetiknya.

4. Kirim File dari PC Langsung

Ketika whatsapp tersambung dengan leptop, kalian bisa langsung mengirimkan berbagai dokumen dari perangkat tersebut. Hal tersebut jauh lebih efisien dibandingkan dengan memindahkan file terlebih dahulu kemudian baru mengirimnkan filenya.

Kekurangan WA Web

Tidak hanya kelebihan saja yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan whatsapp web. Disini juga kita akan kasih tahu kekurangan apa saja yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Berikut kekurangan dari whatsapp web.

1. Koneksi Bergantung pada HP

Sebelum membuka whatsapp web, kalian lakukan scan QR Code terlebih dahulu. Tidak bisa langsung masuk begitu saja seperti situs web lainnya. Koneksi whatsapp web sangat bergantung pada smartphone kalian. Kalian tidak akan bisa membuka aplikasi tersebut jika tidak ada smartphone.

Baca Juga:  Nada Dering WA iPhone, Lucu & Unik No Pasaran Terbaru

2. Boros Baterai

Kekurangan kedua yaitu boros baterai. Dikatakan boros baterai karena aplikasi whatsapp bekerja dua kali lipat ketika leptop menggunakannya juga. Ketika dihubungkan dengan whatsapp di leptop, aplikasi whatsapp yang ada dismartphone juga ikutan bekerja.

3. Sensitif Terhadap Jaringan Internet

Ketika kalian menggunakan whatsapp di laptop, pastikan jaringan selalu stabil. Jika koneksi internet melambat atau tidak stabil, maka whatsapp web akan berubah ke mode offline. Oleh karena itu, jika kalian ingin terus menggunakan whatsapp di leptop, koneksi internet harus bagus.

4. Banyak Fitur yang Belum Tersedia

Ada beberapa fitur yang belum tesedia di dalam whatsapp web yaitu panggilan telepon dan video call. Hal tersebut sangat disesalkan oleh pengguna wa web, karena mereka harus tetap menggunakan smartphone ketika melakukan panggilan.

Cara Menggunakan WA Web

Terdapat cara-cara yang bisa kalian ikuti ketika ingin menggunakan wa web di laptop. Berikut cara-cara yang bisa kalian ikuti dengan benar.

  1. Pertama, kalian bukan browser kemudian ketik “whatsapp web”.
  2. Selanjutnya, kalian masuk ke situs whatsapp web, tunggu beberapa saat.
  3. Ketika QR code muncul, langsung buka whatsapp di smartphone kalian.
  4. Setelah itu, kalian klik tanda “tiga titik” yang ada di pojok kanan atas.
  5. Selanjutnya, kalian pilih “setelan” lalu klik.
  6. Kemudian kalian akan lihat gambar kotak kotak kecil yang berada dipojok kanan atas. Langsung klik gambar tersebut.
  7. Kalian langsung pilih saja “PINDAI KODE” dan langsung scan ke QR code yang ada di leptop kalian.
  8. Tunggu sesaat, dan wa web akan muncul dengan sendirinya.
  9. Selamat mencoba.

Itulah dia cara-cara yang bisa kalian ikuti agar bisa menggunakan wa web di leptop. Silahkan kalian coba cara-cara di atas.

Penutup

Hanya itu saja yang bisa kita jelaskan mengenai WA Web yang bisa kalian akses dengan menggunakan leptop/ komputer. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terimakasih!

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button