Penjelasan

Pengertian Akuisisi Dan Contohnya: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Akuisisi merupakan suatu proses yang umum terjadi dalam dunia bisnis, di mana suatu perusahaan mengambil alih perusahaan lain atau aset-asetnya. Proses ini dapat dilakukan melalui pembelian saham mayoritas atau seluruh saham perusahaan target. Dalam dunia bisnis, akuisisi seringkali dilakukan untuk memperluas pasar, meningkatkan keuntungan, atau mengurangi persaingan di industri tertentu. Proses akuisisi dapat melibatkan berbagai pihak, termasuk pemilik perusahaan, manajemen, karyawan, dan investor. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian akuisisi dan memberikan beberapa contohnya yang menarik.

Akuisisi adalah proses di mana satu perusahaan mengambil alih perusahaan lain atau aset-asetnya. Tujuan utama dari akuisisi adalah untuk menggabungkan dua entitas bisnis menjadi satu, dengan harapan dapat menciptakan sinergi dan meningkatkan nilai perusahaan. Proses akuisisi umumnya melibatkan negosiasi antara kedua belah pihak untuk menentukan harga yang tepat dan syarat-syarat yang menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh nyata dari akuisisi adalah ketika perusahaan teknologi terkemuka seperti Google mengakuisisi perusahaan-perusahaan kecil yang memiliki teknologi atau produk yang inovatif. Misalnya, pada tahun 2005, Google mengakuisisi perusahaan pemetaan online bernama Where 2 Technologies. Dengan mengakuisisi perusahaan ini, Google dapat mengintegrasikan teknologi pemetaan yang canggih ke dalam produk-produknya, seperti Google Maps. Akuisisi ini membantu Google memperluas dominasinya di pasar teknologi dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Selain itu, akuisisi juga dapat dilakukan antara dua perusahaan besar yang beroperasi di industri yang sama. Misalnya, pada tahun 2016, perusahaan farmasi terkemuka, Pfizer, mengakuisisi perusahaan farmasi lain bernama Medivation. Dalam kasus ini, Pfizer mengakuisisi Medivation untuk mendapatkan akses ke produk-produk obat kanker yang inovatif yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Akuisisi ini membantu Pfizer memperkuat portofolio produknya di bidang onkologi dan meningkatkan pangsa pasar perusahaan.

Selain itu, akuisisi juga dapat terjadi dalam industri media dan hiburan. Sebagai contoh, pada tahun 2009, The Walt Disney Company mengakuisisi Marvel Entertainment, perusahaan yang terkenal dengan karakter-karakter superhero seperti Spider-Man dan Iron Man. Dengan mengakuisisi Marvel, Disney dapat memperluas portofolio kontennya dan memanfaatkan popularitas karakter-karakter Marvel untuk menciptakan film-film dan produk-produk hiburan lainnya. Akuisisi ini membantu Disney memperkuat dominasinya di industri hiburan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca Juga:  Pengertian Afiliasi Pemasaran: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Dalam proses akuisisi, terdapat beberapa metode yang dapat digunakan, seperti akuisisi saham, akuisisi aset, atau akuisisi dengan pertukaran saham. Metode yang digunakan tergantung pada tujuan dan kebutuhan kedua belah pihak. Selain itu, proses akuisisi juga melibatkan proses evaluasi terhadap perusahaan target, termasuk analisis keuangan, legal, dan operasional. Hal ini penting untuk memastikan bahwa akuisisi tersebut akan menguntungkan bagi kedua belah pihak dan menciptakan nilai tambah bagi perusahaan yang terlibat.

Dalam kesimpulan, akuisisi adalah proses di mana satu perusahaan mengambil alih perusahaan lain atau aset-asetnya. Proses ini umumnya dilakukan untuk memperluas pasar, meningkatkan keuntungan, atau mengurangi persaingan di industri tertentu. Beberapa contoh akuisisi yang menarik adalah ketika Google mengakuisisi perusahaan pemetaan online, Pfizer mengakuisisi perusahaan farmasi, dan The Walt Disney Company mengakuisisi Marvel Entertainment. Proses akuisisi melibatkan berbagai pihak dan metode, serta membutuhkan evaluasi yang cermat untuk memastikan keberhasilannya. Dengan demikian, akuisisi merupakan strategi bisnis yang penting dalam dunia bisnis modern.

Pengertian Akuisisi Dan Contohnya

Apa itu Akuisisi?

Akuisisi adalah proses di mana satu perusahaan mengakuisisi atau mengambil alih perusahaan lain. Dalam proses ini, perusahaan yang mengakuisisi akan membeli sebagian atau seluruh saham perusahaan target. Tujuan dari akuisisi adalah untuk memperluas bisnis, meningkatkan pangsa pasar, mengakses teknologi baru, atau memperoleh keuntungan lainnya.

Contoh Akuisisi

Ada banyak contoh akuisisi yang terjadi di dunia bisnis. Berikut adalah beberapa contoh akuisisi yang terkenal:

1. Akuisisi Facebook atas WhatsApp
Pada tahun 2014, Facebook mengakuisisi WhatsApp, aplikasi pesan instan yang sangat populer. Dalam kesepakatan senilai $19 miliar, Facebook membeli WhatsApp untuk memperkuat dominasinya di pasar komunikasi digital. Akuisisi ini memungkinkan Facebook untuk memperoleh jutaan pengguna aktif WhatsApp dan mengintegrasikan fitur-fitur baru ke dalam platformnya.

2. Akuisisi Microsoft atas LinkedIn
Pada tahun 2016, Microsoft mengumumkan akuisisi LinkedIn senilai $26,2 miliar. LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia, dan akuisisi ini memungkinkan Microsoft untuk memperluas bisnisnya ke bidang sosial dan profesional. Dengan mengakuisisi LinkedIn, Microsoft dapat mengintegrasikan jaringan profesional ini ke dalam produk dan layanan mereka, serta memperoleh data pengguna yang berharga.

Baca Juga:  Pengertian Administrasi Kepegawaian Secara Umum: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

3. Akuisisi Disney atas 21st Century Fox
Pada tahun 2019, The Walt Disney Company mengakuisisi 21st Century Fox dengan nilai kesepakatan sebesar $71,3 miliar. Akuisisi ini memungkinkan Disney untuk memperluas portofolio kontennya dengan mendapatkan hak atas karakter dan film populer seperti X-Men, Deadpool, dan Avatar. Disney juga mendapatkan saluran TV seperti Fox, National Geographic, dan FX Network.

4. Akuisisi Google atas YouTube
Pada tahun 2006, Google mengakuisisi YouTube dengan nilai kesepakatan sebesar $1,65 miliar. YouTube adalah platform berbagi video terbesar di dunia, dan akuisisi ini memungkinkan Google untuk memperkuat dominasinya di bidang pencarian dan iklan online. Google dapat mengintegrasikan fitur-fitur YouTube ke dalam produk mereka, serta memperoleh pendapatan dari iklan yang ditayangkan di platform tersebut.

Manfaat Akuisisi

Akuisisi dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan yang melakukan akuisisi, antara lain:

1. Memperluas bisnis
Melalui akuisisi, perusahaan dapat memperluas bisnisnya dengan cepat dan efisien. Dengan mengakuisisi perusahaan lain, perusahaan dapat memperoleh akses ke pasar baru, pelanggan baru, dan produk atau layanan baru.

2. Meningkatkan pangsa pasar
Dengan mengakuisisi perusahaan pesaing atau perusahaan yang beroperasi di sektor yang sama, perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar dan mengurangi persaingan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mendominasi pasar dan meningkatkan keuntungan.

3. Mengakses teknologi baru
Melalui akuisisi, perusahaan dapat mengakses teknologi baru yang dapat meningkatkan efisiensi operasional atau menghasilkan produk atau layanan inovatif. Dengan mengakuisisi perusahaan yang memiliki teknologi canggih, perusahaan dapat memperoleh keunggulan kompetitif di pasar.

4. Memperoleh keuntungan finansial
Akuisisi dapat memberikan keuntungan finansial bagi perusahaan. Misalnya, dengan mengakuisisi perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan, perusahaan dapat memperoleh aset berharga dengan harga yang lebih murah.

Dalam kesimpulan, akuisisi adalah proses di mana satu perusahaan mengambil alih perusahaan lain. Contoh-contoh akuisisi yang terkenal adalah akuisisi Facebook atas WhatsApp, Microsoft atas LinkedIn, Disney atas 21st Century Fox, dan Google atas YouTube. Akuisisi dapat memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, seperti memperluas bisnis, meningkatkan pangsa pasar, mengakses teknologi baru, dan memperoleh keuntungan finansial.

Baca Juga:  Pengertian Sektor: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

FAQs: Pengertian Akuisisi Dan Contohnya

Pertanyaan 1: Apa itu akuisisi?

Jawaban: Akuisisi adalah proses di mana satu perusahaan mengakuisisi atau mengambil alih perusahaan lain dengan cara membeli saham mayoritas atau semua aset perusahaan target. Tujuan akuisisi dapat beragam, termasuk untuk memperluas pangsa pasar, mendapatkan teknologi atau keahlian baru, atau menghilangkan pesaing.

Pertanyaan 2: Apa perbedaan antara akuisisi dan merger?

Jawaban: Meskipun sering digunakan secara bergantian, ada perbedaan antara akuisisi dan merger. Dalam akuisisi, satu perusahaan mengambil alih perusahaan lain dan menjadi pemilik mayoritas atau satu-satunya pemilik perusahaan target. Di sisi lain, merger melibatkan penggabungan dua perusahaan yang sejajar untuk membentuk entitas baru.

Pertanyaan 3: Apa contoh akuisisi yang terkenal?

Jawaban: Ada banyak contoh akuisisi yang terkenal di dunia bisnis. Salah satu contoh yang terkenal adalah akuisisi Facebook terhadap WhatsApp pada tahun 2014. Facebook membeli WhatsApp dengan harga yang sangat tinggi untuk memperluas layanannya di bidang komunikasi instan. Contoh lainnya adalah akuisisi Microsoft terhadap LinkedIn pada tahun 2016, yang bertujuan untuk memperkuat kehadiran Microsoft di dunia profesional dan jejaring sosial.

Pertanyaan 4: Apa dampak akuisisi terhadap karyawan?

Jawaban: Akuisisi dapat memiliki dampak signifikan pada karyawan perusahaan target. Beberapa karyawan mungkin kehilangan pekerjaan mereka karena adanya pemangkasan atau penggabungan posisi. Namun, dalam beberapa kasus, akuisisi juga dapat membuka peluang baru bagi karyawan, seperti akses ke sumber daya atau pasar yang lebih besar.

Pertanyaan 5: Bagaimana proses akuisisi dilakukan?

Jawaban: Proses akuisisi melibatkan beberapa langkah. Pertama, perusahaan yang berminat melakukan akuisisi akan melakukan penelitian dan analisis terhadap perusahaan target. Jika kedua belah pihak setuju, mereka akan memulai negosiasi mengenai harga dan syarat-syarat akuisisi. Setelah mencapai kesepakatan, proses pengambilalihan saham atau aset perusahaan target dimulai, yang melibatkan persetujuan dari otoritas yang berwenang dan pemegang saham.

Geograf merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button