Penjelasan

Pengertian Baku Mutu Lingkungan Yaitu

Baku Mutu Lingkungan merupakan standar kualitas lingkungan yang ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga terkait untuk melindungi dan menjaga kualitas lingkungan hidup. Standar ini mencakup berbagai parameter seperti air, udara, tanah, suara, dan lain sebagainya. Tujuan utama dari baku mutu lingkungan adalah untuk memastikan bahwa lingkungan hidup terjaga dan tidak tercemar oleh limbah atau polusi.

Parameter Baku Mutu Lingkungan

Setiap negara memiliki parameter baku mutu lingkungan yang berbeda-beda tergantung pada kondisi geografis, sosial, ekonomi, dan budaya. Namun, secara umum, beberapa parameter yang sering menjadi acuan dalam baku mutu lingkungan antara lain:

  • Kadar BOD (Biological Oxygen Demand): Parameter ini mengukur jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk mencerna bahan organik dalam air. Semakin tinggi kadar BOD, maka semakin tinggi pula tingkat pencemaran air tersebut.
  • Kadar COD (Chemical Oxygen Demand): Parameter ini mengukur jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk menguraikan senyawa kimia dalam air. Peningkatan kadar COD menandakan adanya zat kimia berbahaya dalam air limbah.
  • Kadar TSS (Total Suspended Solids): Parameter ini mengukur jumlah partikel padat yang mengapung di dalam air. Peningkatan kadar TSS dapat mengakibatkan keruhnya air dan mengganggu kehidupan biota air.
  • Kadar Logam Berat: Parameter ini mengukur jumlah logam berat seperti timbal, merkuri, dan kadmium dalam air, udara, atau tanah. Logam berat dapat bersifat toksik bagi makhluk hidup dan dapat mencemari lingkungan.

Manfaat Baku Mutu Lingkungan

Penerapan baku mutu lingkungan memiliki berbagai manfaat, antara lain:

  • Perlindungan Lingkungan Hidup: Dengan mengikuti standar baku mutu lingkungan, maka potensi kerusakan lingkungan akibat pencemaran dapat diminimalkan sehingga lingkungan hidup tetap terjaga.
  • Kesehatan Masyarakat: Lingkungan yang bersih dan terjaga kualitasnya akan berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat. Udara bersih, air bersih, dan tanah yang tidak tercemar akan mengurangi risiko penyakit akibat polusi lingkungan.
  • Pemenuhan Kebutuhan Hidup: Ketersediaan air bersih, udara bersih, dan tanah subur sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan menjaga kualitas lingkungan melalui baku mutu, kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi dengan baik.
Baca Juga:  Pengertian 3G: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Penerapan Baku Mutu Lingkungan di Indonesia

Di Indonesia, penerapan baku mutu lingkungan diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam undang-undang ini dijelaskan mengenai standar baku mutu lingkungan yang harus dipatuhi oleh setiap pihak.

Selain itu, pemerintah juga menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air. Peraturan ini mengatur mengenai baku mutu air limbah, baku mutu air minum, dan baku mutu air laut yang harus dipatuhi.

Kesimpulan

Baku mutu lingkungan merupakan standar kualitas lingkungan yang ditetapkan untuk melindungi dan menjaga lingkungan hidup dari pencemaran dan kerusakan. Penerapan baku mutu lingkungan sangat penting untuk memastikan keberlanjutan lingkungan hidup bagi generasi mendatang. Dengan mematuhi standar baku mutu lingkungan, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari.

Geograf merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button