Penjelasan

Pengertian Balada Dan Contohnya

Balada merupakan salah satu bentuk puisi yang memiliki ciri khas tertentu. Biasanya, balada ditulis dalam bentuk naratif yang mengisahkan kisah perjalanan hidup seseorang atau peristiwa tertentu. Puisi balada juga sering kali mengandung unsur tragedi atau kegagalan yang mendalam. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai pengertian balada dan contohnya.

Pengertian Balada

Balada berasal dari bahasa Spanyol “balada”, yang artinya adalah lagu. Secara umum, balada adalah suatu bentuk puisi narrative yang menggambarkan kisah perjuangan hidup seseorang atau kisah tragis yang menyentuh. Balada sering kali dinyanyikan atau dipentaskan sebagai bentuk seni pertunjukan, namun dalam literatur, balada juga berupa puisi tertulis.

Unsur-unsur penting dalam balada antara lain:

  • Plot naratif: Balada mengandung alur cerita yang jelas dan terstruktur.
  • Emosi yang kuat: Balada sering kali menggugah emosi pembaca dengan cerita tragis atau penuh perjuangan.
  • Imajinatif: Balada memuat gambaran visual yang kuat dalam penyampaian ceritanya.

Contoh Balada

Berikut ini adalah beberapa contoh balada yang terkenal dalam dunia puisi:

1. The Rime of the Ancient Mariner

The Rime of the Ancient Mariner adalah sebuah balada klasik karya Samuel Taylor Coleridge yang menceritakan kisah seorang pelaut tua yang terjebak di tengah lautan setelah membunuh burung albatros.

2. La Belle Dame Sans Merci

La Belle Dame Sans Merci adalah balada romantik karya John Keats yang menceritakan kisah seorang ksatria yang dibuai oleh pesona seorang wanita misterius.

3. Lord Randall

Lord Randall adalah balada rakyat Skotlandia yang menceritakan kisah seorang pemuda yang diracun oleh tunangannya.

Baca Juga:  Pengertian Sikap Optimis: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa balada merupakan bentuk puisi narrative yang menggambarkan kisah tragis atau perjuangan seseorang. Unsur-unsur emosional dan imaginatif dalam balada membuatnya menjadi salah satu bentuk puisi yang paling mengesankan. Contoh-contoh balada di atas juga menggambarkan kekuatan naratif dan emotif dalam karya-karya tersebut.

Geograf merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button