Pengertian Simple Past: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Simple Past atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan lampau sederhana adalah salah satu tenses dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Tense ini sangat penting untuk dipelajari karena dapat membantu kita dalam mengungkapkan cerita atau peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dengan jelas dan tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian dan penggunaan Simple Past dalam kalimat.

Pengertian Simple Past

Apa itu Simple Past?

Simple Past atau Past Tense adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Simple Past digunakan ketika waktu kejadian sudah berlalu dan tidak berhubungan dengan waktu sekarang. Dalam Simple Past, kata kerja akan mengalami perubahan bentuk menjadi bentuk lampau atau bentuk kedua.

Cara Membentuk Simple Past

Untuk membentuk Simple Past, kita perlu mengubah bentuk kata kerja menjadi bentuk kedua. Pada umumnya, bentuk kedua kata kerja dalam bahasa Inggris dapat ditemukan dengan menambahkan akhiran -ed pada kata kerja. Namun, ada juga beberapa kata kerja yang mengalami perubahan bentuk yang berbeda, seperti kata kerja yang berakhiran -y yang diubah menjadi -ied, atau kata kerja yang tidak beraturan (irregular verbs) yang mengalami perubahan bentuk yang tidak teratur.

Contoh penggunaan Simple Past dalam kalimat:
1. I played basketball yesterday. (Saya bermain basket kemarin.)
2. She cooked dinner last night. (Dia memasak makan malam semalam.)
3. They went to the beach on the weekend. (Mereka pergi ke pantai pada akhir pekan.)

Waktu yang Digunakan dalam Simple Past

Simple Past digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi di waktu lampau. Beberapa contoh waktu yang sering digunakan dalam Simple Past antara lain:
1. Yesterday (kemarin)
2. Last night (semalam)
3. Last week (minggu lalu)
4. Last month (bulan lalu)
5. Last year (tahun lalu)

Baca Juga:  Pengertian Jobdesk: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Contoh penggunaan Simple Past dengan waktu:
1. I visited my grandparents yesterday. (Saya mengunjungi kakek nenek saya kemarin.)
2. She watched a movie last night. (Dia menonton film semalam.)
3. We traveled to Bali last week. (Kami berwisata ke Bali minggu lalu.)

Kesimpulan

Simple Past adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan kejadian atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Dalam Simple Past, kata kerja akan mengalami perubahan bentuk menjadi bentuk kedua. Simple Past digunakan ketika waktu kejadian sudah berlalu dan tidak berhubungan dengan waktu sekarang. Beberapa waktu yang sering digunakan dalam Simple Past antara lain kemarin, semalam, minggu lalu, bulan lalu, dan tahun lalu. Dengan memahami penggunaan Simple Past, kita dapat mengungkapkan peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau dengan tepat.

FAQs: Pengertian Simple Past

1. Apa pengertian dari Simple Past?

Simple Past adalah bentuk waktu lampau yang digunakan untuk mengungkapkan kejadian atau peristiwa yang terjadi dan selesai di masa lalu. Dalam Simple Past, kata kerja biasanya diubah menjadi bentuk lampau (past tense).

2. Bagaimana cara membentuk kalimat Simple Past?

Untuk membentuk kalimat Simple Past, tambahkan akhiran -ed pada kata kerja reguler, atau gunakan kata kerja tak beraturan yang telah mengalami perubahan bentuknya. Contohnya: “I played soccer yesterday.” (Saya bermain sepak bola kemarin.)

3. Apa perbedaan antara kata kerja reguler dan tak beraturan dalam Simple Past?

Kata kerja reguler dalam Simple Past diubah dengan menambahkan akhiran -ed, sedangkan kata kerja tak beraturan mengalami perubahan bentuk yang tidak teratur. Contoh kata kerja reguler: “talked” (berbicara), sedangkan contoh kata kerja tak beraturan: “ate” (makan).

Baca Juga:  Pengertian Jual Beli Online: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

4. Kapan kita menggunakan Simple Past?

Kita menggunakan Simple Past ketika ingin mengungkapkan kejadian atau peristiwa yang terjadi dan selesai di masa lalu. Misalnya, menceritakan pengalaman pribadi, menyebutkan waktu tertentu di masa lalu, atau menjelaskan urutan peristiwa dalam cerita.

5. Apakah ada kata keterangan waktu yang sering digunakan dalam Simple Past?

Ya, ada beberapa kata keterangan waktu yang sering digunakan dalam Simple Past, seperti “yesterday” (kemarin), “last week” (minggu lalu), “two days ago” (dua hari yang lalu), dan lain sebagainya. Kata keterangan waktu ini membantu menunjukkan waktu terjadinya kejadian dalam kalimat.

6. Apakah ada contoh kalimat negatif dalam Simple Past?

Ya, contoh kalimat negatif dalam Simple Past dapat dibentuk dengan menambahkan kata kerja bantu “did not” (didn’t) sebelum kata kerja utama. Contohnya: “She didn’t go to the party last night.” (Dia tidak pergi ke pesta semalam.)

7. Bagaimana cara membentuk kalimat tanya dalam Simple Past?

Untuk membentuk kalimat tanya dalam Simple Past, letakkan kata kerja bantu “did” di awal kalimat, kemudian ikuti dengan subjek dan kata kerja utama dalam bentuk dasar. Contohnya: “Did you watch the movie yesterday?” (Apakah kamu menonton film kemarin?)

8. Apakah ada contoh kalimat tanya dengan kata keterangan waktu dalam Simple Past?

Tentu saja! Contoh kalimat tanya dengan kata keterangan waktu dalam Simple Past adalah: “Did they visit their grandparents last summer?” (Apakah mereka mengunjungi kakek-nenek mereka musim panas lalu?)

9. Apakah Simple Past selalu digunakan untuk menyebutkan waktu di masa lalu?

Tidak selalu. Meskipun Simple Past sering digunakan untuk menyebutkan waktu di masa lalu, namun juga dapat digunakan untuk menyatakan kebiasaan di masa lalu yang tidak terjadi lagi sekarang. Contohnya: “She always woke up early when she was in college.” (Dia selalu bangun pagi ketika dia masih kuliah.)

Baca Juga:  Pengertian Spyware

10. Apakah ada contoh kalimat dengan kata kerja tak beraturan dalam Simple Past?

Tentu saja! Contoh kalimat dengan kata kerja tak beraturan dalam Simple Past adalah: “He went to the beach yesterday.” (Dia pergi ke pantai kemarin.) Kata kerja “went” merupakan bentuk lampau dari kata kerja tak beraturan “go” (pergi).

Geograf

Geograf merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button