Pengertian Tesis Adalah

Apa Itu Tesis?

Tesis adalah sebuah karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian dan pemikiran serta disusun sebagai syarat untuk memperoleh gelar akademik tertentu, seperti gelar sarjana, magister, atau doktor. Tesis merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang biasanya ditulis oleh mahasiswa tingkat akhir atau calon sarjana, magister, atau doktor untuk menyelesaikan studi mereka dalam sebuah institusi pendidikan.

Unsur-Unsur Tesis

  1. Judul Tesis: Judul tesis harus mencerminkan isi dan tujuan penelitian yang akan dilakukan.
  2. Abstrak: Abstrak berisi ringkasan dari isi tesis yang meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan.
  3. Pendahuluan: Bagian ini berisi latar belakang penelitian, identifikasi masalah, tujuan penelitian, dan garis besar pembahasan.
  4. Tinjauan Pustaka: Berisi uraian tentang teori, konsep, temuan penelitian terdahulu, dan landasan teoritis yang mendukung penelitian.
  5. Metode Penelitian: Menjelaskan metode yang digunakan dalam proses penelitian, baik itu metode kualitatif maupun kuantitatif.
  6. Hasil Penelitian: Berisi hasil temuan dari penelitian yang dilakukan secara sistematis dan terperinci.
  7. Pembahasan: Merupakan analisis mendalam terhadap hasil penelitian, pembahasan teoritis, dan implikasi penelitian.
  8. Kesimpulan dan Saran: Menyimpulkan temuan penelitian serta memberikan saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya.
  9. Daftar Pustaka: Berisi daftar referensi yang digunakan dalam penulisan tesis.

Contoh Tesis

Sebagai contoh, sebuah tesis yang berjudul “Pengaruh Pendidikan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA” dapat memiliki struktur sebagai berikut:

  1. Judul Tesis: Pengaruh Pendidikan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
  2. Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis korelasional terhadap data survei yang diperoleh dari 300 siswa SMA di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara tingkat pendidikan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulannya, pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA.
  3. Pendahuluan: Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman tentang pengaruh pendidikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Identifikasi masalahnya adalah rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah yang tidak mendorong perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana pendidikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA.
  4. Tinjauan Pustaka: Tinjauan pustaka dalam tesis ini akan membahas teori-teori terkait tentang pendidikan, kemampuan berpikir kritis, dan hubungan antara keduanya berdasarkan temuan penelitian terdahulu.
  5. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian berjumlah 300 siswa SMA di Jakarta yang dipilih secara acak. Data dianalisis menggunakan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel pendidikan dan kemampuan berpikir kritis.
  6. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara tingkat pendidikan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka kemampuan berpikir kritisnya juga cenderung lebih baik.
  7. Pembahasan: Pembahasan tesis ini akan mengaitkan temuan penelitian dengan teori-teori yang telah dijelaskan dalam tinjauan pustaka, menjelaskan implikasi temuan, serta memberikan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya.
  8. Kesimpulan dan Saran: Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mendorong perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa.
  9. Daftar Pustaka: Daftar pustaka berisi referensi dari berbagai sumber yang digunakan dalam penulisan tesis untuk mendukung argumen dan temuan penelitian.

Kesimpulan

Dengan demikian, tesis adalah karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian dan pemikiran serta disusun sebagai syarat untuk memperoleh gelar akademik. Tesis memiliki struktur yang terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka. Sebuah tesis yang baik harus memiliki argumen yang kuat, metode penelitian yang valid, serta temuan yang signifikan dan relevan dalam bidang tertentu. Dengan menulis tesis, mahasiswa dapat mengasah kemampuan analisis, sintesis, dan kritisnya serta memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Baca Juga:  Pengertian Sistem Komunikasi: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli

Taufik

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button