Literasi

Alat Alat Yang Dihasilkan Pada Masa Perundagian Memiliki Ciri Yaitu

Pada masa perundagian, alat-alat yang dihasilkan memiliki ciri-ciri yang sangat menarik. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian dan ciri-ciri yang dimiliki oleh alat-alat tersebut. Alat-alat ini merupakan bukti nyata tentang kemajuan teknologi pada masa perundagian yang telah memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia.

Salah satu ciri yang dimiliki oleh alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian adalah keberadaannya yang memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Pada masa tersebut, manusia telah mampu menciptakan berbagai macam alat yang dapat digunakan untuk mempermudah aktivitas mereka, seperti alat-alat pertanian, alat-alat pembuatan kain, alat-alat perburuan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya alat-alat ini, manusia tidak perlu lagi melakukan pekerjaan secara manual yang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.

Selain itu, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian juga memiliki ciri-ciri yang menunjukkan adanya pemikiran dan kreativitas manusia dalam menciptakan alat tersebut. Dalam menciptakan alat-alat ini, manusia perlu melakukan berbagai macam percobaan dan penelitian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Mereka harus memikirkan bagaimana cara membuat alat tersebut bekerja dengan efektif dan efisien. Dengan demikian, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian bukanlah hasil dari kebetulan semata, melainkan merupakan bukti nyata tentang kemampuan manusia dalam berpikir dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat.

Tak hanya itu, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian juga memiliki ciri-ciri yang menunjukkan adanya perkembangan dalam bidang teknologi. Pada masa tersebut, manusia telah mampu menggunakan berbagai macam bahan untuk membuat alat-alat, seperti batu, tulang, kayu, dan sebagainya. Mereka juga telah menggunakan teknik-teknik tertentu untuk mengolah bahan-bahan tersebut sehingga dapat menjadi alat yang berguna. Dengan demikian, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian merupakan bukti nyata tentang kemajuan teknologi pada masa tersebut.

Selain memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian juga memiliki ciri-ciri lainnya. Salah satunya adalah keberadaan alat-alat yang digunakan untuk pertukaran barang. Pada masa perundagian, manusia telah menggunakan alat-alat tertentu untuk melakukan perdagangan antar suku atau kelompok. Alat-alat ini biasanya terbuat dari bahan yang langka atau sulit didapatkan, sehingga memiliki nilai yang tinggi dalam perdagangan. Dengan adanya alat-alat ini, manusia pada masa perundagian telah memahami konsep pertukaran barang dan menggunakan alat sebagai media untuk melakukan transaksi.

Baca Juga:  Baju Warna Mustard Cocok Dengan Jilbab Warna Apa

Dalam kesimpulan, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian memiliki ciri-ciri yang sangat menarik. Mereka memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, menunjukkan adanya pemikiran dan kreativitas manusia, menunjukkan perkembangan dalam bidang teknologi, dan digunakan untuk pertukaran barang. Alat-alat ini merupakan bukti nyata tentang kemajuan teknologi pada masa perundagian yang telah memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia. Dengan memahami ciri-ciri alat-alat ini, kita dapat lebih menghargai dan memahami peran penting yang dimiliki oleh alat-alat pada masa perundagian.

Alat Alat Yang Dihasilkan Pada Masa Perundagian Memiliki Ciri Yaitu

1. Ketergantungan pada Bahan Alam

Pada masa perundagian, manusia sangat bergantung pada bahan alam untuk membuat alat-alat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan alam seperti batu, kayu, tulang hewan, dan tanduk hewan digunakan untuk membuat berbagai macam alat. Misalnya, batu yang dipecahkan menjadi alat-alat tajam seperti kapak batu, pisau batu, dan tombak batu. Kayu digunakan untuk membuat alat-alat seperti alat pemotong kayu dan alat pemecah biji-bijian. Ketergantungan pada bahan alam ini menunjukkan bahwa manusia pada masa perundagian belum mengenal teknologi modern seperti logam.

2. Sederhana dan Fungsional

Alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian cenderung memiliki desain yang sederhana namun fungsional. Hal ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan teknologi pada masa itu. Contohnya, kapak batu yang dibuat pada masa perundagian memiliki bentuk yang sederhana, yaitu batu yang dipecahkan menjadi tajam di satu ujungnya. Meskipun sederhana, alat ini sangat fungsional dalam memotong kayu dan memecah biji-bijian. Alat-alat pada masa perundagian dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti berburu, memasak, dan membuat tempat tinggal.

Baca Juga:  Untuk Mengabsolutkan Data Pada Fungsi Vlookup Dan Hlookup Menggunakan

3. Dibuat dengan Tangan

Pada masa perundagian, manusia membuat alat-alat mereka dengan menggunakan tangan. Mereka menggunakan teknik pemecahan batu dengan tangan atau menggunakan alat sederhana seperti palu batu. Proses pembuatan alat ini membutuhkan ketelitian dan keahlian yang tinggi. Manusia pada masa perundagian juga menggunakan alat-alat tangan seperti tusuk gigi dari tulang hewan, jarum dari tulang atau tanduk hewan, dan alat pemotong dari batu yang dipegang langsung dengan tangan. Meskipun dibuat dengan tangan, alat-alat ini mampu memenuhi kebutuhan manusia pada masa perundagian.

4. Berperan dalam Perkembangan Sosial

Alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian memiliki peran penting dalam perkembangan sosial manusia. Dengan adanya alat-alat ini, manusia dapat memperoleh makanan dengan lebih efisien, memperbaiki tempat tinggal, dan memperluas wilayah pemukiman. Alat-alat ini juga memungkinkan manusia untuk berburu secara efektif, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, alat-alat ini juga digunakan dalam kegiatan-kegiatan sosial seperti upacara dan ritual. Perkembangan alat-alat pada masa perundagian juga membantu manusia untuk beradaptasi dengan lingkungan dan mengatasi tantangan yang dihadapi.

5. Awal Perkembangan Teknologi

Alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian dapat dianggap sebagai awal perkembangan teknologi manusia. Meskipun sederhana, alat-alat ini merupakan langkah awal dalam penggunaan alat untuk mempermudah kehidupan manusia. Pada masa perundagian, manusia mulai mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat alat-alat yang lebih kompleks. Alat-alat tersebut kemudian menjadi dasar bagi perkembangan teknologi manusia di masa-masa selanjutnya. Sebagai contoh, perkembangan alat-alat batu pada masa perundagian menjadi landasan bagi penggunaan logam pada masa perunggu dan besi.

Dalam kesimpulan, alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian memiliki ciri-ciri seperti ketergantungan pada bahan alam, sederhana namun fungsional, dibuat dengan tangan, berperan dalam perkembangan sosial, dan menjadi awal perkembangan teknologi manusia. Alat-alat ini merupakan bukti kemampuan manusia purba dalam menciptakan solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Meskipun sederhana, alat-alat ini memiliki peran yang penting dalam perkembangan peradaban manusia.

Baca Juga:  Apa Definisi Selling Dengan Pola Pikir Yang Benar

FAQs: Alat-alat yang Dihasilkan pada Masa Perundagian memiliki Ciri-ciri

Apa itu masa perundagian?

Masa perundagian adalah periode dalam sejarah manusia ketika kegiatan perdagangan dan pertukaran barang mulai berkembang. Masa ini terjadi sekitar 5.000 hingga 3.000 tahun sebelum Masehi.

Apa saja ciri-ciri alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian?

1. Kemajuan Teknologi: Pada masa perundagian, manusia mulai mengembangkan teknologi untuk memproduksi alat-alat yang lebih efisien dan bermanfaat. Mereka menggunakan bahan-bahan seperti batu, tulang, dan tanduk hewan untuk membuat alat-alat tersebut.

2. Spesialisasi: Dalam masa perundagian, masyarakat mulai membagi pekerjaan berdasarkan keahlian tertentu. Misalnya, ada yang menjadi pemburu, pengumpul makanan, atau pengrajin alat-alat. Hal ini memungkinkan mereka untuk fokus pada pekerjaan tertentu dan meningkatkan kualitas alat-alat yang dihasilkan.

3. Alat-alat Batu: Salah satu ciri khas alat-alat pada masa perundagian adalah penggunaan batu sebagai bahan dasar. Alat-alat batu seperti kapak, beliung, dan pisau sering digunakan untuk berbagai keperluan, seperti berburu, memotong kayu, atau mengolah makanan.

4. Pertukaran Barang: Perdagangan dan pertukaran barang menjadi aktivitas penting pada masa perundagian. Manusia mulai berinteraksi dengan kelompok lain dan menukar barang yang mereka hasilkan. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan barang yang tidak mereka miliki dan meningkatkan kehidupan sehari-hari.

5. Pola Permukiman Tetap: Pada masa perundagian, manusia mulai membentuk permukiman yang lebih permanen. Mereka membangun rumah-rumah dari bahan-bahan alami seperti kayu, kulit binatang, atau batu. Permukiman ini menjadi tempat tinggal tetap bagi mereka dan menjadi pusat kegiatan perdagangan.

Apakah alat-alat ini masih digunakan hingga saat ini?

Meskipun alat-alat yang dihasilkan pada masa perundagian memiliki ciri-ciri khasnya, sebagian besar alat-alat tersebut sudah tidak digunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa alat batu seperti kapak masih digunakan dalam konteks tertentu, seperti dalam pertanian atau kegiatan pengolahan kayu tradisional.