Literasi

Beberapa Kelelawar Makan Darah Buah Ikan Dan Kaktus

Kelelawar merupakan hewan nokturnal yang hidup di berbagai belahan dunia. Salah satu jenis kelelawar yang menarik perhatian adalah kelelawar yang makan darah. Beberapa spesies kelelawar ini memiliki kebiasaan makan darah, termasuk darah buah, ikan, dan kaktus. Di dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kelelawar yang memiliki kebiasaan makan darah buah, ikan, dan kaktus.

Kelelawar Darah

Kelelawar darah atau vampire bat adalah salah satu jenis kelelawar yang terkenal karena kebiasaan mereka meminum darah hewan lain. Kebiasaan ini membuat mereka menjadi hewan yang menyeramkan bagi sebagian orang. Namun, kelelawar darah sebenarnya tidak menyerang manusia dan lebih memilih meminum darah hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Darah Buah

Salah satu spesies kelelawar darah yang terkenal adalah Desmodus rotundus. Kelelawar ini mendapatkan darahnya dari hewan mamalia, termasuk sapi dan kambing. Mereka biasanya menghisap darah saat hewan tersebut sedang tidur, dan menggunakan giginya yang tajam untuk membuat luka kecil pada kulit hewan.

  • Kelelawar ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi sumber darah melalui panas tubuh hewan.
  • Setiap malam, mereka dapat minum darah hingga setengah dari berat badan mereka.

Darah Ikan

Selain darah hewan mamalia, ada juga kelelawar yang makan darah ikan. Salah satu contohnya adalah Vampyrum spectrum, yang dapat menyedot darah ikan laut seperti hiu dan pari. Mereka menggunakan gigi dan lidah mereka yang panjang untuk menembus kulit ikan dan menyedot darah dari tubuh ikan tersebut.

  • Kelelawar ini memiliki kemampuan untuk terbang jauh mencari sumber darah ikan.
  • Mereka juga mampu meminum darah hingga dua kali lipat dari berat badan mereka setiap malam.
Baca Juga:  Manfaat Minum Air Zam Zam

Darah Kaktus

Selain darah hewan ternak dan ikan, ada juga kelelawar yang memiliki kebiasaan mengisap darah dari kaktus. Salah satu spesies yang terkenal adalah Lonchophylla robusta, yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan. Mereka memiliki gigi khusus yang dapat menembus kulit kaktus dan menyedot cairan manis dari dalamnya.

  • Kelelawar ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kaktus dengan membantu menyebarluaskan serbuk sari.
  • Mereka juga dapat membantu mengendalikan populasi serangga yang merusak kaktus.

Kesimpulan

Kelelawar yang makan darah buah, ikan, dan kaktus merupakan contoh adaptasi unik dari hewan ini dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Meskipun terkesan menyeramkan, kelelawar yang makan darah sebenarnya memiliki peran penting dalam ekosistem dan memiliki keunikan tersendiri dalam perilaku makan mereka.

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button