Literasi

Berikut Ini Adalah Pengertian Norma Kesopanan Yaitu

Norma Kesopanan adalah aturan-aturan yang mengatur tata krama atau cara berkomunikasi yang baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari. Norma kesopanan menjadi pedoman bagi individu dalam berinteraksi dengan orang lain agar tercipta suasana yang harmonis dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Apa Saja Aspek-Aspek Norma Kesopanan?

Secara umum, norma kesopanan dapat dibagi menjadi beberapa aspek, yaitu:

  1. Aspek Bahasa
  2. Aspek ini berkaitan dengan penggunaan kata-kata yang sopan dan tidak kasar dalam berkomunikasi. Contohnya, menggunakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ dalam berbicara dengan orang lain.

  3. Aspek Penampilan
  4. Aspek penampilan mencakup pakaian dan perilaku fisik yang pantas dalam berbagai situasi. Menjaga penampilan yang rapi dan sopan akan menjadi cerminan dari kesopanan seseorang.

  5. Aspek Etika Sosial
  6. Aspek ini mengarah pada perilaku dan tindakan yang sesuai dengan norma-norma masyarakat. Contohnya, menghormati orang tua, memberikan tempat duduk kepada orang yang lebih tua, dan sebagainya.

Kenapa Norma Kesopanan Penting?

Norma kesopanan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Menciptakan lingkungan sosial yang harmonis
  • Dengan mengikuti norma kesopanan, hubungan antar individu akan terjaga dengan baik dan tercipta suasana yang nyaman dalam berinteraksi.

  • Menjaga martabat dan harga diri
  • Dengan menghormati norma kesopanan, seseorang akan mampu menjaga martabat dan harga dirinya di hadapan orang lain.

  • Membangun citra positif
  • Individu yang menjunjung tinggi norma kesopanan akan memancarkan citra positif di mata orang lain dan dihormati dalam lingkungan sosialnya.

Bagaimana Cara Menerapkan Norma Kesopanan?

Untuk menerapkan norma kesopanan dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

Baca Juga:  Teknik Dasar Yang Harus Diperhatikan Oleh Seorang Pelari Meliputi

  1. Memperhatikan Bahasa yang Digunakan
  2. Hindari penggunaan kata-kata kasar dan menyakitkan dalam berkomunikasi. Gunakan kata-kata sopan seperti ‘permisi’, ‘maaf’, dan sebagainya.

  3. Menjaga Penampilan
  4. Selalu berpakaian rapi dan sopan sesuai dengan acara atau situasi yang dihadiri. Perhatikan juga sikap dan gerak tubuh yang sopan.

  5. Merendahkan Ego
  6. Belajar untuk merendahkan ego dan menghargai pendapat serta perasaan orang lain. Jangan terlalu egois dan selalu berpikir bahwa pendapat kita yang paling benar.

Apa Sanksi Bagi Mereka yang Melanggar Norma Kesopanan?

Bagi mereka yang melanggar norma kesopanan, bisa menghadapi beberapa sanksi, antara lain:

  1. Dicemooh dan Dicela
  2. Orang yang melanggar norma kesopanan bisa mendapat cemoohan dan celaan dari orang lain, yang tentu saja tidak menyenangkan bagi si pelanggar.

  3. Diabaikan dan Diisolasi
  4. Orang yang sering melanggar norma kesopanan bisa diabaikan dan diisolasi oleh masyarakat sekitarnya, karena perilakunya dianggap tidak pantas.

  5. Mendapat Hukuman Hukum
  6. Beberapa pelanggaran norma kesopanan bahkan bisa berujung pada hukuman hukum, seperti pencemaran nama baik atau pelecehan.

Kesimpulan

Norma kesopanan adalah aturan-aturan yang mengatur tata krama dalam berinteraksi sosial. Penting bagi setiap individu untuk memahami dan menerapkan norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta lingkungan yang harmonis dan nyaman. Dengan menjunjung tinggi norma kesopanan, seseorang akan memiliki citra yang baik di mata orang lain dan dihormati dalam pergaulan sehari-hari.

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button