Cara Ambil Uang Di Atm Bri

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan salah satu jenis layanan perbankan yang sangat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan, salah satunya adalah penarikan uang tunai. Salah satu bank yang memiliki jaringan ATM yang luas di Indonesia adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bagi nasabah BRI, berikut adalah panduan lengkap cara ambil uang di ATM BRI. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menyiapkan Kartu ATM dan PIN

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengambil uang di ATM BRI adalah menyiapkan kartu ATM dan PIN. Pastikan kartu ATM yang Anda miliki adalah kartu ATM BRI dan tidak rusak. Selain itu, jangan lupa untuk mengingat nomor PIN Anda dengan baik. PIN atau Personal Identification Number sangat penting untuk keamanan transaksi di ATM.

2. Memilih Bahasa

Setelah masuk ke mesin ATM, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan selama proses transaksi. Pilih bahasa Indonesia untuk memudahkan dalam memahami instruksi-instruksi yang diberikan oleh mesin ATM.

3. Memasukkan Kartu ATM

Selanjutnya, masukkan kartu ATM BRI ke dalam slot yang tersedia di mesin ATM. Pastikan Anda memasukkan kartu dengan posisi yang benar, sesuai dengan petunjuk yang tertera di mesin. Tunggu beberapa detik hingga mesin membaca kartu ATM Anda.

4. Memasukkan PIN

Setelah kartu ATM terbaca oleh mesin, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Ketiklah nomor PIN Anda dengan hati-hati dan jangan biarkan orang lain melihatnya. Pastikan Anda menutupi keypad dengan tangan saat memasukkan PIN untuk menghindari pencurian data.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

5. Memilih Transaksi Penarikan

Setelah PIN Anda terverifikasi oleh sistem, Anda akan diarahkan ke menu utama transaksi ATM. Pilihlah menu “Penarikan” atau “Tarik Tunai” untuk memulai proses penarikan uang di ATM BRI.

6. Memasukkan Jumlah Penarikan

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah uang yang ingin ditarik. Masukkan nominal uang tunai yang diinginkan sesuai dengan pecahan yang tersedia di mesin ATM. Pastikan Anda memilih nominal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Memilih Jenis Rekening

Setelah memasukkan jumlah penarikan, Anda akan diminta untuk memilih jenis rekening yang akan digunakan untuk penarikan. Pilihlah rekening yang Anda inginkan, apakah itu rekening tabungan atau rekening giro. Pastikan Anda memilih dengan benar untuk menghindari kesalahan pada proses transaksi.

8. Menunggu dan Mengambil Uang

Setelah semua langkah di atas selesai, mesin ATM akan memproses permintaan penarikan uang Anda. Tunggulah beberapa saat hingga mesin mengeluarkan uang tunai sesuai dengan jumlah yang Anda minta. Setelah uang keluar, jangan lupa untuk mengambil uang tersebut dan menyimpannya dengan aman.

9. Meminta Struk Transaksi

Setelah mengambil uang, mesin ATM akan menawarkan opsi untuk mencetak struk transaksi. Pilihlah opsi “Cetak Struk” untuk mendapatkan bukti transaksi penarikan uang Anda. Struk transaksi sangat penting sebagai bukti bahwa transaksi penarikan uang telah berhasil dilakukan.

10. Menyimpan Kartu ATM dengan Aman

Setelah proses penarikan uang selesai, jangan lupa untuk menyimpan kartu ATM Anda dengan aman. Jangan biarkan kartu ATM jatuh ke tangan yang salah atau tertinggal di mesin ATM. Pastikan Anda memasukkan kartu kembali ke dompet atau tempat penyimpanan kartu yang aman.

11. Mengakhiri Transaksi

Terakhir, pastikan Anda mengakhiri transaksi dengan benar. Ikuti petunjuk di layar mesin ATM untuk keluar dari menu transaksi dan mengambil kartu ATM Anda. Jangan meninggalkan mesin ATM sebelum Anda yakin bahwa transaksi telah selesai dan uang telah ditarik dengan benar.

Baca Juga:  Cara Mengisi Formulir

Demikianlah panduan lengkap cara ambil uang di ATM BRI. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, Anda dapat melakukan penarikan uang tunai di ATM BRI dengan mudah dan aman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan PIN Anda dan tidak memberikannya kepada orang lain.

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button