Cara Membuat Grafik Di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer digunakan di dunia. Selain digunakan untuk mengorganisir data dan perhitungan rumit, Excel juga memiliki fitur untuk membuat grafik yang mempermudah Anda dalam memvisualisasikan data. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap caranya membuat grafik di Excel agar Anda dapat membuat grafik dengan mudah dan efisien.

1. Menyiapkan Data

Langkah pertama sebelum membuat grafik adalah menyiapkan data yang akan divisualisasikan. Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar dan lengkap. Misalnya, jika Anda ingin membuat grafik batang, pastikan data tersebut sudah diurutkan dengan benar.

2. Memilih Jenis Grafik

Setelah data siap, langkah selanjutnya adalah memilih jenis grafik yang akan dibuat. Excel menyediakan berbagai pilihan grafik seperti grafik batang, grafik garis, grafik pie, dan lain-lain. Pilihlah jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang Anda miliki.

3. Memilih Data

Setelah memilih jenis grafik, langkah berikutnya adalah memilih data yang akan dimasukkan ke dalam grafik. Anda dapat menggunakan fitur “Select Data” pada Excel untuk memilih data dari tabel yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

4. Membuat Grafik

Selanjutnya, Anda dapat membuat grafik dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih data yang akan digunakan untuk grafik.
  2. Pergi ke tab “Insert” di Excel.
  3. Pilih jenis grafik yang diinginkan.
  4. Klik ok untuk membuat grafik.

5. Menyunting Grafik

Setelah grafik terbentuk, Anda dapat menyunting grafik tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah mengubah warna grafik, menambahkan label, menyesuaikan sumbu grafik, dan lain-lain. Gunakan fitur “Chart Tools” yang tersedia di Excel untuk menyunting grafik dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Mematikan Google Assistant

6. Menyimpan Grafik

Setelah grafik selesai dibuat dan disunting, langkah terakhir adalah menyimpan grafik tersebut. Anda dapat menyimpan grafik dalam format gambar seperti JPEG atau PNG, atau menyimpannya dalam format Excel agar dapat diedit kembali di lain waktu.

7. Menyunting Grafik

Setelah membuat grafik, tentu saja Anda dapat menyunting grafik tersebut jika ternyata ada kesalahan atau ada yang perlu diubah. Anda dapat menyunting grafik dengan mengklik grafik tersebut, lalu menggunakan “Chart Tools” yang tersedia di Excel untuk melakukan perubahan.

8. Cara Membuat Grafik Dinamis

Selain membuat grafik statis, Anda juga dapat membuat grafik dinamis di Excel. Grafik dinamis memungkinkan Anda untuk melakukan filter data secara langsung di grafik tanpa perlu mengubah data mentah. Caranya adalah dengan menggunakan fitur “Pivot Chart” yang tersedia di Excel.

Dengan menggunakan fitur Pivot Chart, Anda dapat dengan mudah melakukan filter data, mengubah tata letak grafik, dan menambahkan elemen lain ke dalam grafik sesuai kebutuhan Anda.

9. Menggunakan Shortcut Keyboard

Untuk mempermudah proses membuat grafik di Excel, Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard yang disediakan oleh Excel. Beberapa shortcut yang berguna dalam membuat grafik di Excel antara lain:

  • Alt + F1: Membuat grafik default tanpa bingkai.
  • F11: Membuat grafik baru di lembar kerja baru.
  • Ctrl + C: Menyalin grafik yang dipilih.
  • Ctrl + V: Menempelkan grafik yang sudah disalin.

Dengan menggunakan shortcut keyboard, Anda dapat membuat grafik dengan lebih cepat dan efisien.

10. Memahami Kombinasi Grafik

Selain membuat grafik tunggal, Anda juga dapat membuat kombinasi grafik di Excel. Kombinasi grafik memungkinkan Anda untuk membandingkan dua jenis data secara bersamaan dalam satu grafik. Misalnya, Anda dapat membuat kombinasi antara grafik batang dan grafik garis untuk memvisualisasikan dua set data yang berbeda.

Baca Juga:  Cara Cek Data Axis

Anda dapat membuat kombinasi grafik dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Pilih data yang akan digunakan untuk kombinasi grafik.
  2. Pergi ke tab “Insert” di Excel.
  3. Pilih jenis kombinasi grafik yang diinginkan.
  4. Klik ok untuk membuat kombinasi grafik.

Dengan memahami cara membuat kombinasi grafik, Anda dapat memvisualisasikan data dengan lebih komprehensif dalam satu tampilan grafik.

Kesimpulan

Membuat grafik di Excel merupakan salah satu cara yang efektif untuk memvisualisasikan data dengan lebih jelas dan mudah dipahami. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat grafik di Excel dengan mudah dan efisien. Selain itu, Anda juga dapat menyunting grafik, membuat grafik dinamis, menggunakan shortcut keyboard, dan memahami kombinasi grafik untuk meningkatkan kualitas grafik yang Anda buat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat grafik di Excel!

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button