Cara Membuat Kue Klepon

Kue klepon adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manis dan kenyalnya. Kue ini biasanya terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah dan kemudian direbus dalam air mendidih. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue klepon yang enak dan lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  1. 250 gram tepung ketan
  2. 100 ml air hangat
  3. 100 gram gula merah, sisir halus
  4. Daun pandan secukupnya, untuk pewarna alami
  5. Kelapa parut secukupnya
  6. Garam secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

1. Membuat Isi Kue Klepon

Pertama-tama, kita akan membuat isi kue klepon terlebih dahulu. Campurkan gula merah yang telah disisir halus dengan sedikit air. Masak hingga gula merah larut dan membentuk pasta. Sisihkan gula merah pasta ini untuk diisi ke dalam kue klepon.

2. Membuat Adonan Kulit Klepon

Langkah kedua adalah membuat adonan kulit kue klepon. Campurkan tepung ketan dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga menjadi adonan yang kenyal. Tambahkan daun pandan yang telah dihaluskan untuk memberikan aroma dan warna alami pada adonan.

3. Membentuk Adonan Menjadi Bulatan Kecil

Selanjutnya, ambil sedikit adonan ketan dan pipihkan di telapak tangan. Masukkan gula merah pasta ke dalam adonan dan bulatkan kembali hingga gula merah tertutup sempurna. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.

4. Merebus Klepon

Langkah terakhir adalah merebus kue klepon. Didihkan air dalam panci, lalu masukkan bulatan-bulatan klepon ke dalam air mendidih. Tunggu hingga kue mengapung dan angkat dengan penjepit. Gulingkan kue klepon di atas kelapa parut secukupnya agar tidak lengket.

Baca Juga:  Cara Hutang Pulsa Tri

Tips Membuat Kue Klepon yang Lezat

Agar kue klepon yang Anda buat menjadi lebih lezat dan kenyal, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Gunakan gula merah yang berkualitas untuk menghasilkan isi kue klepon yang lezat.
  2. Tambahkan sedikit garam ke dalam adonan tepung ketan untuk menambah rasa.
  3. Pastikan adonan ketan cukup kenyal agar kue klepon tidak mudah hancur saat direbus.
  4. Jangan terlalu banyak menggunakan pewarna makanan, gunakan daun pandan sebagai pewarna alami yang sehat.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat kue klepon yang enak dan lezat. Selamat mencoba membuat kue klepon di rumah dan bagikan kepada keluarga atau teman-teman Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button