Cara Membuat Kuping Gajah

Tahukah Anda bahwa kuping gajah merupakan salah satu jenis makanan ringan yang populer di Indonesia? Kuping gajah biasanya terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang digoreng hingga renyah, kemudian diberi berbagai macam topping seperti coklat, keju, atau meses. Kuping gajah sering dijadikan sebagai camilan favorit untuk menemani waktu santai. Jika Anda ingin mencoba membuat sendiri kuping gajah di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 100 gram gula pasir
  3. 1 butir telur
  4. 1/2 sendok teh garam
  5. Air secukupnya
  6. Minyak untuk menggoreng
  7. Toping sesuai selera (coklat, keju, meses, dll)

Langkah-langkah Pembuatan:

  1. Siapkan Bahan

    Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan di atas. Pastikan semua bahan dalam keadaan sudah diukur dengan tepat agar hasil akhirnya sesuai dengan yang diharapkan.

  2. Aduk Bahan

    Langkah selanjutnya adalah mencampurkan tepung terigu, gula pasir, telur, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk semua bahan hingga menjadi satu dengan tekstur yang rata.

  3. Tambahkan Air

    Selanjutnya, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan memiliki tekstur yang kental namun masih mudah untuk dicetak. Pastikan tidak mencampurkan terlalu banyak air agar adonan tidak terlalu encer.

  4. Cetak Adonan

    Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Ambil adonan secukupnya dan cetak adonan di atas loyang atau wadah datar dengan bentuk tipis dan lebar agar mirip dengan bentuk kuping gajah.

  5. Goreng Adonan

    Setelah adonan tercetak, goreng adonan dalam minyak panas hingga kedua sisinya berwarna kuning keemasan dan teksturnya renyah. Pastikan untuk membalik adonan agar matang secara merata.

  6. Tiriskan dan Tambahkan Toping

    Setelah matang, angkat adonan dan tiriskan dari minyak berlebih. Biarkan adonan dingin sebentar sebelum menambahkan berbagai toping sesuai selera seperti coklat leleh, keju parut, atau meses.

  7. Kuping Gajah Siap Disajikan

    Terakhir, kuping gajah siap disajikan sebagai camilan lezat untuk menemani waktu santai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Cara Download Scribd

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kuping gajah sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button