Cara Mengetahui Akun Fake Ig Itu Milik Siapa

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna yang terus bertambah setiap tahunnya, tak jarang kita akan menemui akun-akun palsu atau fake yang mencoba untuk menjebak pengguna dengan berbagai tujuan tertentu. Bagaimana cara untuk mengetahui apakah sebuah akun Instagram itu palsu atau asli? Simak ulasan berikut ini:

1. Periksa Jumlah Followers dan Following

Jumlah followers dan following merupakan salah satu indikasi awal untuk mengetahui apakah sebuah akun Instagram itu fake atau tidak. Jika sebuah akun memiliki jumlah followers yang sangat besar namun hanya mengikuti sedikit akun lainnya, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu. Akun-akun palsu biasanya membeli followers untuk menambah popularitas mereka sehingga jumlah followingnya biasanya lebih kecil daripada followers.

2. Perhatikan Aktivitas Posting

Aktivitas posting juga dapat menjadi indikasi apakah sebuah akun Instagram itu fake atau asli. Jika sebuah akun jarang melakukan posting atau hanya mengunggah konten-konten yang tidak relevan, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu. Akun fake biasanya menggunakan foto-foto dari internet atau konten-konten lain yang tidak original.

3. Tinjau Komentar dan Engagement

Komentar dan engagement dari pengikut adalah hal penting untuk diperhatikan. Jika sebuah akun memiliki banyak followers namun sedikit interaksi dari pengikut seperti komentar atau like, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu. Akun-akun fake biasanya memiliki followers pasif yang tidak aktif dalam berinteraksi.

4. Periksa Informasi Profil

Informasi dalam profil akun juga bisa menjadi indikasi apakah akun tersebut fake atau asli. Pastikan untuk melihat informasi yang tertera di bio akun, apakah memiliki informasi yang lengkap dan terperinci atau justru sangat singkat dan tidak jelas. Akun fake biasanya memiliki informasi yang minim dan terkesan asal-asalan.

Baca Juga:  Cara Mengikat Tali Sepatu Ala Korea

5. Telusuri Riwayat Posting

Riwayat posting juga bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui apakah sebuah akun Instagram itu palsu atau tidak. Jika sebuah akun tiba-tiba memiliki perubahan pola posting yang sangat drastis, misalnya dari posting foto-foto pribadi menjadi posting iklan secara berlebihan, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu. Akun fake biasanya menggunakan strategi tersebut untuk memperoleh keuntungan.

6. Gunakan Tools Penelusur Akun Fake

Ada beberapa tools penelusur akun fake yang bisa membantu Anda untuk mengetahui keaslian sebuah akun Instagram. Salah satunya adalah aplikasi IG Audit yang dapat memberikan informasi tentang tingkat keautentikan sebuah akun berdasarkan aktivitas followers dan engagement. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Social Blade atau Fake Follower Check untuk mengetahui apakah sebuah akun memiliki followers palsu atau tidak.

7. Verifikasi Identitas Melalui Direct Message

Jika Anda masih merasa ragu terhadap keaslian sebuah akun, Anda bisa mencoba untuk verifikasi identitas melalui direct message. Kirim pesan langsung kepada pemilik akun dan minta verifikasi identitas dengan cara tertentu, misalnya meminta foto selfie atau melakukan video call singkat. Jika pemilik akun bersedia untuk melakukan verifikasi tersebut, maka kemungkinan besar akun tersebut adalah akun asli.

8. Bandingkan dengan Akun Resmi atau Terpercaya

Jika masih belum yakin, Anda bisa membandingkan akun yang sedang Anda periksa dengan akun resmi atau terpercaya dari orang atau brand tersebut. Cek apakah akun yang Anda curigai memiliki kesamaan dalam postingan, followers, atau aktivitas lainnya dengan akun yang terpercaya. Jika terdapat perbedaan yang mencolok, maka kemungkinan besar akun tersebut palsu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan Anda dapat lebih mudah untuk mengetahui apakah sebuah akun Instagram itu fake atau asli. Selalu waspada dan jangan mudah terjebak oleh akun-akun palsu yang berusaha untuk melakukan penipuan atau hal-hal negatif lainnya. Selalu ingat untuk selalu mengedepankan keamanan dan kehati-hatian dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga:  Cara Agar Tidak Bau Ketiak

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button