Ini Dia Rahasia Rahsia Tersembunyi Cara Melakukan Servis Bawah yang Harus Kamu Ketahui!

Servis bawah merupakan salah satu tahapan penting dalam perawatan sepeda motor. Melakukan servis bawah secara berkala dapat memastikan kondisi mesin sepeda motor tetap optimal. Dengan melakukan servis bawah, Anda juga dapat mencegah kerusakan yang lebih serius pada mesin sepeda motor Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan servis bawah sepeda motor dengan baik.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses servis bawah, pastikan untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Beberapa alat yang umumnya digunakan untuk servis bawah antara lain:

  • Oli mesin
  • Filter oli
  • Kunci pas
  • Alat pengukur oli
  • Lap kering
  • Penyedot oli

2. Mengganti Oli Mesin

Oli mesin adalah salah satu komponen vital dalam menjaga kinerja mesin sepeda motor. Proses penggantian oli mesin sebaiknya dilakukan secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Berikut langkah-langkah untuk mengganti oli mesin:

  1. Letakkan sepeda motor di tempat yang rata dan aman.
  2. Buka baut pembuangan oli untuk mengeluarkan oli lama.
  3. Setelah oli lama keluar, pasang kembali baut pembuangan oli.
  4. Ganti filter oli dengan yang baru.
  5. Isi oli baru sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan.

3. Memeriksa Sistem Pelumasan

Sistem pelumasan sangat penting untuk mencegah gesekan berlebihan antara komponen-komponen dalam mesin sepeda motor. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti oli pelumas secara berkala agar mesin tetap beroperasi dengan baik. Perhatikan juga tingkat kebocoran oli dan pastikan tidak ada kebocoran yang terjadi.

4. Memeriksa Rantai Pernapasan

Rantai pernapasan adalah komponen yang menghubungkan mesin dengan roda belakang sepeda motor. Pastikan rantai pernapasan dalam kondisi yang baik dan tegang dengan benar. Kebocoran pelumas pada rantai pernapasan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut.

5. Memeriksa Sistem Pendingin

Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil saat sepeda motor beroperasi. Pastikan untuk memeriksa cairan pendingin dan tekanan pendingin agar tidak terjadi overheating pada mesin sepeda motor.

6. Memeriksa Sistem Transmisi

Sistem transmisi merupakan bagian yang penting dalam menjaga kinerja sepeda motor. Pastikan untuk memeriksa oli transmisi secara berkala dan ganti jika diperlukan. Perhatikan juga tingkat ketegangan kopling dan kelistrikan pada sistem transmisi.

7. Memeriksa Sistem Knalpot

Sistem knalpot berfungsi untuk mengatur keluarnya gas buang dari mesin sepeda motor. Pastikan knalpot dalam kondisi baik dan tidak bocor agar tidak mengganggu kinerja mesin sepeda motor.

8. Mengganti Busi

Busi merupakan komponen yang penting dalam proses pembakaran mesin. Penggantian busi secara berkala dapat membantu meningkatkan performa mesin sepeda motor. Pastikan untuk memilih busi yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor Anda.

9. Membersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin sepeda motor. Pastikan untuk membersihkan filter udara secara berkala agar udara yang masuk ke dalam mesin tetap bersih dan bebas dari kotoran.

10. Uji Coba dan Penyetelan

Setelah melakukan semua tahapan servis bawah, jangan lupa untuk melakukan uji coba sepeda motor. Pastikan semuanya berjalan dengan baik dan lakukan penyetelan jika diperlukan. Anda juga dapat melakukan pengaturan kecepatan idle atau peredaman kembali supaya kembali seperti semula.

Dengan melakukan servis bawah secara berkala, Anda dapat memastikan sepeda motor Anda tetap dalam kondisi yang prima. Jangan lupa untuk mencatat jadwal servis Anda agar tidak melewatkan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan pada sepeda motor Anda.

Baca Juga:  Cara Melupakan Seseorang Menurut Psikolog

Vena

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button