Ini Dia! Rahasia Tersembunyi Cara Melihat Spesifikasi Komputer dengan Mudah

Di era digital seperti saat ini, hampir setiap orang memiliki setidaknya satu perangkat komputer di rumah mereka. Baik itu laptop atau PC, komputer merupakan perangkat penting yang digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan hingga hiburan. Namun, terkadang kita perlu mengetahui spesifikasi komputer kita untuk memastikan bahwa komputer tersebut masih mampu menjalankan tugas-tugas yang diminta. Berikut adalah beberapa cara untuk melihat spesifikasi komputer secara lengkap.

1. Menggunakan Pengaturan Sistem (Settings)

Salah satu cara termudah untuk melihat spesifikasi komputer Anda adalah dengan menggunakan pengaturan sistem bawaan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan (Settings) dengan cara menekan tombol Windows + I di keyboard Anda.
  2. Pilih menu “System”.
  3. Pada bagian sebelah kiri, pilih “About”.
  4. Di bagian kanan layar, Anda akan melihat informasi tentang spesifikasi komputer Anda, seperti tipe prosesor, RAM, dan jenis sistem operasi.

2. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah salah satu tools bawaan Windows yang bisa Anda gunakan untuk melihat informasi detail tentang spesifikasi komputer. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  2. Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah “systeminfo” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter.
  3. Tunggu beberapa saat, dan Anda akan melihat informasi lengkap tentang spesifikasi komputer Anda, termasuk informasi tentang prosesor, RAM, dan sistem operasi.

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Selain menggunakan pengaturan sistem bawaan, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga untuk melihat spesifikasi komputer Anda. Berikut beberapa software yang dapat membantu Anda:

  1. Speccy: Software ini memberikan informasi detail tentang hardware komputer Anda, seperti prosesor, RAM, dan kartu grafis.
  2. HWiNFO: Software ini memberikan informasi yang sangat detail tentang setiap komponen hardware yang terpasang di komputer Anda.
  3. Belarc Advisor: Software ini tidak hanya memberikan informasi tentang spesifikasi hardware, tetapi juga tentang lisensi perangkat lunak yang terpasang di komputer Anda.

4. Melalui BIOS (Basic Input/Output System)

Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat spesifikasi komputer melalui BIOS:

  1. Restart komputer Anda.
  2. Saat muncul logo produsen komputer, tekan tombol yang ditunjuk untuk masuk ke menu BIOS (biasanya tombol F2, F10, atau Del).
  3. Di dalam menu BIOS, Anda dapat melihat informasi detail tentang hardware komputer Anda, seperti tipe prosesor, kapasitas RAM, dan versi BIOS.
  4. Untuk keluar dari BIOS, cukup tekan tombol Esc dan pilih opsi untuk “Exit Without Saving Changes”.

Dengan menggunakan salah satu cara di atas, Anda dapat dengan mudah melihat spesifikasi komputer Anda untuk memastikan bahwa komputer Anda masih mampu menjalankan tugas-tugas yang Anda butuhkan. Jika Anda mengalami kesulitan atau memerlukan bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi teknisi komputer profesional.

Baca Juga:  Ini Dia Trik Rahasia Cara Liat Story Ig Tanpa Ketahuan, Pasti Penasaran!

Vena

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button