Sulit Menguasai Overhead Pass? Begini Cara Mudahnya!

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan teknik dan koordinasi yang baik. Salah satu teknik dasar dalam bola voli adalah overhead pass. Overhead pass merupakan teknik untuk menerima dan mengirimkan bola ke arah teman satu tim dengan cara mengangkat bola di atas kepala. Berikut adalah cara melakukan overhead pass dengan benar.

1. Postur Tubuh yang Benar

Sebelum melakukan overhead pass, pastikan postur tubuhmu sudah benar. Posisi kaki selebar bahu dan sedikit membungkuk akan membantumu memiliki keseimbangan yang baik saat melakukan teknik ini. Pastikan tubuhmu menghadap ke arah bola dan siap untuk menerima atau mengirimkan bola.

2. Penempatan Tangan yang Tepat

Penempatan tangan yang tepat akan memengaruhi arah dan kekuatan overhead pass yang dilakukan. Letakkan tanganmu di atas kepala dengan jari-jari terbuka dan membentuk seperti mangkuk. Pastikan kedua telapak tangan berada di bawah bola untuk memastikan kontrol yang baik saat mengangkat dan mengirimkan bola.

3. Gerakan Lengan yang Benar

Gerakan lengan yang benar sangat penting dalam melakukan overhead pass. Mulailah dengan membungkuk sedikit lutut saat bola mendekatimu. Beratkan badanmu pada kaki yang sedikit dibengkokkan dan angkat kedua lengan ke atas kepala. Lakukan gerakan angkat bola dengan tangan membentuk seperti mangkuk dan pastikan pergelangan tanganmu tidak kaku.

4. Kontrol Bola

Seiring dengan mengangkat bola di atas kepala, pastikan untuk mengontrol bola dengan cara menyesuaikan kekuatan angkatanmu. Jangan terlalu keras atau terlalu lemah dalam mengangkat bola agar bola dapat dikirimkan dengan tepat ke arah teman satu tim. Latihan yang terus-menerus dapat membantumu memiliki kontrol yang lebih baik dalam melakukan overhead pass.

Baca Juga:  Cara Daftar Qris Bca

5. Gerakan Tubuh Saat Mengirimkan Bola

Setelah berhasil mengangkat bola di atas kepala, pastikan untuk melakukan gerakan tubuh yang tepat saat mengirimkan bola ke teman satu tim. Gunakan gerakan pinggul dan lengan untuk mengarahkan bola ke posisi yang diinginkan. Pastikan untuk menyesuaikan kekuatan dan arah tembakan sesuai dengan kebutuhan dalam permainan.

6. Latihan Rutin

Latihan rutin sangat penting dalam menguasai teknik overhead pass ini. Melakukan latihan secara berkala dapat membantumu memperbaiki teknik, kekuatan, dan ketepatan dalam melakukan overhead pass. Jangan ragu untuk meminta bantuan pelatih atau teman satu tim untuk memberikan masukan dan saran dalam meningkatkan kemampuanmu.

7. Fokus dan Konsentrasi

Terakhir, pastikan untuk selalu fokus dan konsentrasi saat melakukan overhead pass. Kegagalan dalam melakukan teknik ini bisa disebabkan oleh kurangnya konsentrasi saat mengangkat dan mengirimkan bola. Fokuslah pada gerakan tubuh, posisi tangan, dan kontrol bola untuk mendapatkan hasil overhead pass yang baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan melakukannya secara rutin, kamu akan dapat menguasai teknik overhead pass dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dan terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan dalam permainan bola voli.

Vena

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button