Aplikasi Keluarga Sehat Penjelasan Fitur dan Link Download

GeografAplikasi Keluarga Sehat dapat kalian manfaatkan untuk mendukung program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Dimana aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan pendataan keluarga sehat secara digital. Jadi dengan aplikasi kalian tidak perlu datang ke rumah untuk melakukan pendataan. Siapa saja sih penggunanya? Simak selengkapnya dibawah ini.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Instruksi tentang kebijakan dan Strategi Nasional dalam Usaha Pengembangan e-Government. Dimana aplikasi e-Government digunakan untuk mempermudah proses kerja juga pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Dan salah satu aplikasi yang dikeluarkan yaitu Aplikasi Keluarga Sehat.

Mungkin kalian mempertanyakan, aplikasi tersebut untuk apa? Aplikasi merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya yang berbasis web dan bisa kalian akses melalui www.keluargasehat.kemkes.go.id. Namun, untuk memudahkan kalian, sekarang hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat kalian unduh di dalam Google Playstore pada hp masing-masing. Untuk detailnya, bisa dilihat sebagai berikut.

Penjelasan Mengenai Aplikasi Keluarga Sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Aplikasi Keluarga Sehat merupakan sebuah aplikasi yang dapat kalian manfaatkan untuk melakukan pendataan secara digital. Dimana apliaksi tersebut digunakan oleh Kementrian Kesehatan untuk menunjang program Pemerintah Indonesia Sehat dengan melakukan pendekatan keluarga. Yang mana aplikasi tersebut diluncurkan di tahun 2015.

Tujuan dari dikembangkannya aplikasi tersebut adalah untuk membantu atau mempermudah proses pelayanan dan pendataan pada pasien yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan daerah. Aplikasi ini salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diseluruh negeri, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga akan memudahkan para surveyor.

Baca Juga:  Arti Mimpi Baju Kotor Menurut Ahli Tafsir, Islam, Psikolog & Primbon Jawa

Dimana biasanya para surveyor kesehatan akan mengumpulkan data seluruh keluarga yang ada di Indonesia. Baik untuk masyarakat yang ada di daerah yang sudah mempunyai fasilitas internet maupun di daerah terpencil yang masih kesulitan akses internet. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh Administrator pusat, Dinas kesehatan provinsi, Supervisor, Administrator puskesmas dan yang lainnya.

Fitur-fitur Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat ditujukan untuk memudahkan para surveyor saat melakukan pendataan langsung dilokasi pendataan, baik dalam keadaan offline maupun online. Dengan aplikasi tersebut, akan memudahkan kalian saat melakukan pendataan terhadap masyarakat. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang menarik, tentunya kalian harus tahu fitur apa saja yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

Fitur Tahun Aktif

Fitur pertama yang akan kalian dapatkan saat menggunakan aplikasi ini adalah fitur tahun aktif. Namun, fitur yang satu ini dikhususkan bagi kalian yang merupakan admin pusat. Yang mana fitur tersebut merupakan fitur manajeman tahun pelaporan data surveu bagi seluruh pengguna. Jadi sebelum aplikasi bisa digunakan, akan ditentukan terlebih dahulu kapan periode aktif untuk penginputan data pada tahun berjalan.

Fitur Transfer Wilayah Kerja

Fitur lainnya adalah fitur transfer wilayah kerja. Dimana fitur tersebut untuk memindahkan data keluarga di suatu wilayah desa/ kelurahan di puskesmas awal ke puskesmas tujuan. Fitur ini dikhususkan bagi kalian yang merupakan admin pusat yang bekerja untuk melakukan pendataan masyarakat.

Fitur Wilayah Kerja

Selanjutnya, kalian akan mendapatkan fitur wilayah kerja yang dikhususkan bagi kalian admin PKM. Fitur ini akan memudahkan kalian untu memetakan desa atau kelurahan disuatu wilayah kerja puskesmas. Cara penggunaannya sendiri yaitu menginput atau mendaftarkan wilayah kerjanya per desa. Baik dalam satu wilayah kecamatan ataupun lebih.

Baca Juga:  FF Max Apk Download + OBB Versi Terbaru 2024 Grafik HD

Fitur Rukun Warga

Tidak hanya ketiga fitur saja yang akan didapatkan saat menggunakan aplikasi keluarga sehat. Kalian juga bisa mendapatkan fitur rukun warga, yang mana fitur tersebut dikhususkan bagi kalian yang merupakan admin PKM. Dengan aplikasi ini, kalian dapat menginput atau mendaftarkan RT dan RW sesuai yang ada di wilayah kerjanya per desa. Bila ada daerah yang belum mempunyai RT maupun RW, maka pihak dari puskesmas harus melakukan penomoran secara mandiri.

Fitur Sasaran Wilayah

Kalian juga akan mendapatkan fitur sasaran wilayah dan sama fitur ini juga untuk admin PKM. Dimana penggunaan dari fitur ini untuk menentukan jumlah target pendataan di suatu wilayah kerja puskesmas berdasarkan jumlah keluarga sasaran di wilayah kerja setiap desanya.

Fitur Target Surveyor

Fitur Target Surveyor dikhususkan untuk admin PKM. Dimana fitur tersebut untuk menentukan target kinerja surveyor. Dalam artian untuk meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab bagi para surveyor terhadap data keluarga yang menjadi tanggung jawab surveyor tersebut.

Fitur Monitoring Wilayah

Kalian juga akan mendapatkan fitur lainnya yaitu fitur monitoring wilayah. Yang mana penggunaan dari fitur tersebut adalah untuk memantau kinerja capaian dari puskesmas ataupun surveyor. Dengan cara membandingkan antara target yang sudah di tetapkan sebelumnya dengan realisasi data keluarga yang sudah diinput.

Fitur Lainnya

Masih banyak fitur lainnya yang akan di dapatkan saat menggunakan aplikasi keluarga sehat. Dimana kalian juga akan mendapatkan fitur IKS Puskesmas yang digunakan untuk melihat indeks keluarga sehat berdasarkan wilayah kerja puskesmas pada setiap indikator. Selanjutnya, kalian juga akan mendapatkan fitur Crosstab, untuk analisis data baik dalam bentuk tabulasi ataupun grafik dan yang lainnya.

Baca Juga:  DANAdidik Pinjaman Biaya Pendidikan, Semua Bisa Kuliah

Download Aplikasi Keluarga Sehat

Untuk bisa mendapatkan aplikasi keluarga sehat, kalian bisa langsung download aplikasinya di dalam Google Playstore. Namun, jika kalian malas mencarinya, bisa langsung download aplikasinya dibawah ini. Kita akan berikan link unduh dan juga detail spesifikasi dari aplikasi tersebut. Aplikasi ini sangat ringan, jadi kalian tidak perlu khawatir akan menghabiskan ruang penyimpanan pada perangkat.

Langsung saja, silahkan kalian unduh aplikasinya dibawah ini, kita sudah sematkan untuk kalian download sekarang juga.

DetailSpesifikasi
Nama FileKeluarga Sehat
VersiV. 2.7
Ukuran File7 MB
DeveloperMinistry of Health Republic of Indonesia
OSAndroid 5.0+

Cara Install Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi yang kalian dapatkan pada situs website memiliki cara install manual. Dimana kalian harus install aplikasi tersebut dengan cara yang khusus. Jika kalian belum tahu caranya, bisa ikuti cara-cara yang akan diberikan dibawah ini. Kita akan bagikan cara install Aplikasi Keluarga Sehat secara detail. Agar kalian dapat mengikutinya setiap langkah. Untuk langkahnya sebagai berikut :

  1. Silahkan, kalian download Aplikasi Keluarga Sehat pada link unduh yang sudah disematkan.
  2. Jika sudah, masuk ke menu pengaturan di hp masing-masing.
  3. Cari menu keamanan dan aktifkan “sumber tidak dikenal”.
  4. Setelah berhasil mengaktifkannya, masuk ke menu file manager.
  5. Cari folder download dan temukan aplikasi yang sudah didownload sebelumnya.
  6. Setelah di temukan, langsung saja kalian install aplikasinya.
  7. Tunggu proses install hingga selesai.
  8. Selesai, Aplikasi keluarga sehat bisa langsung digunakan.

Penutup

Aplikasi keluarga sehat sangat dibutuhkan, khususnya bagi mereka yang bekerja di puskesmas. Untuk memudahkan mereka melakukan pendataan. Untuk itu, kalian bisa download aplikasinya diatas pada link yang sudah disiapkan untuk kalian download sekarang juga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih!

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button