Cara Cek Bantuan UMKM BRI – Ini Dia Syaratnya

Bagi kamu yang sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, maka simak yuk Cara Cek Bantuan UMKM di Geograf. BLT merupakan singkatan dari Bantuan Langsung Tunai yang merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu para pengusaha UMKM.

Program BLT UMKM ini dipastikan akan dilanjutkan tahun ini dan akan cair sebentar lagi. Kalau kamu merasa sudah mendaftarkan diri sebagai penerima BLT UMKM maka lebih baik cek dulu apakah namamu ada atau tidak.

Bagaimana cara Cara Cek Bantuan UMKM dan siapa saja yang berhak menerima bantuan tersebut? Perhatikan baik-baik penjelasannya pada artikel yang akan admin Geograf berikan kali ini.

Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM

Belum lama ini Indonesia termasuk salah satu dari banyak negara yang mengalami pandemin Covid-19 hingga dua tahun yang lama. Banyak hal yang berubah semenjak virus tersebut masuk ke Indonesia.

Salah satu sektor yang paing terkena dampaknya adalah di sektor ekonomi mengingat banyak usaha yang mengalami penurunan. Terutama para pelaku UMKM yang baru atau telah merintis usaha sangat merasakan dampak buruk dari pandemi ini.

Apalagi sejak pemerintah menerapkan PPKM dan pembatasan lainnya dan itu sangat berpengaruh terhadap omset penjualan mereka. Untuk menangani hal tersebut pemerintah mengadakan sebuah program bernama BLT UMKM atau merupakan kepanjangan dari Bantuan Langsun Tunai UMKM.

Program ini dikhususkan sekali untuk para pelaku usaha UMKM yang terkena dampak buruk dari pandemi dengan memberikan sejumlah uang tunai melalui rekening bank.

Program BLT UMKM ini telah dilaksanakan dari tahun dan berlanjut hingga tahun . Nominal uang yang didapat oleh para penerima juga berbeda tiap tahunnya.

Dana bantuan UMKM ini akan disalurkan langsung melalui bank-bank yang tergabung ke dalam program tersebut. Tahun ini juga digadang-gadang pemerintah tetap melanjutkan program BLT dan bantuannya pun akan segera cair.

Baca Juga:  Sanemoku Mod Apk For Android Versi Terbaru

Buat kamu yang penasaran bagaimana cara cek bantuan UMKM dan apa yang harus dilakukan jika kamu menjadi penerima? Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini.

Berapa Nominal BLT UMKM Yang Akan Cair Nanti?

Seperti yang sudah kami katakan di atas bahwa BLT UMKM yang diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha ini tiap tahun berbeda jumlahnya. Dimulai dari tahun pemerintah memberikan bantuan tunai sebesar 2,4 juta rupiah kepada seluruh penerima.

Dan di tahun pemerintah melanjutkan program tersebut dengan memberikan bantuan uang tunai sebesar 1,2 juta rupiah kepaa semua pelaku UMKM yang menjadi penerima.

Banyak masyarakat yang penasaran apakaah program tersebut dilanjutkan tadi atau tidak. Program BLT UMKM ini ternyata tetap dilanjutkan oleh pemerintah untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemin covid-19.

Jumlah bantuan yang akan didapat adalah sebear 600 ribu rupiah dan akan cair dalam waktu dekat. Apakah kamu sudah mendaftarkan diri untuk menjadi penerima BLT UMKM ini?

Kalau belum ini dia syarat yang harus kamu patuhi dan lengkapi apabila ingin mendaftar program BLT UMKM di tahun .

Persyaratan Untuk Mendaftar Menjadi Penerima BLT UMKM

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pemerintah untuk para pelaku usaha UMKM yang ingin mendaftar sebagai penerima bantuan. Tentu tidak bisa sembarang orang yang menerima bantuan ini dan harus disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Oleh karena itu, pemerintah menerapkan beberapa syarat yang harus kamu ikuti sebelum mendaftar menjadi penerima BLT UMKM . Selengkapnya mengenai syarat apa saja yang harus kamu lengkap, perhatikan penjelasan berikut ini.

  • Merupakan warna negara Indonesia dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Memiliki usaha yang masuk ke dalam kategori UMKM
  • Melampirkan surat usulan calon penerima bantuan UMKM dari pengusul BLT UMKM
  • Mempunyai Surat Keterangan Usaha (SKU)
  • Pelaku usaha UMKM bukanlah termasuk anggota POLRI, TNI, ASN, Pegawai BUMN, dan BUMD
  • Usaha yang dijalankan sedang tidak menerima bantuan KUR dari bank mana pun
Baca Juga:  FaceApp Pro Mod Apk Download Versi Terbaru Full Unloack

Itu dia beberapa syarat yang harus kamu lengkapi dan patuhi jika ingin mendaftar jadi penerima BLT. Kalau sudah lengkap semua, silahkan berikan semua dokumen tersebut kepada dinas yang berkaitan dengan UMKM atau koperasi.

Syarat Yang Diperlukan Untuk Mencairkan BLT UMKM

Apabila kamu sudah mendaftar BLT UMKM dan sekarang ini saatnya menunggu pengumuman kapan dananya akan dicairkan. Jika ternyata kamu adalah salah satu pelaku usaha UMKM yang beruntung mendapatkan dana bantuan tersebut.

Maka jangan lupa dengan syarat-syarat apa saja yang harus dibawa ketika ingin mencairkan dana tersebut. Silahkan baca baik-baik syarat untuk mencairkan dana bantuan langsung tunai UMKM di bawah ini ya teman-teman.

  • Membawa buku tabungan serta ATM Bank terkait dan juga KTP
  • Memiliki Surat Pertanggung Jawaban Mutlak yang sudah ditandatangani oleh petuga di daerah setempat
  • Mendapkan SMS dari pihak terkait bahwa anda benar merupakan penerima BLT dan menunjukkannya kepada petugas saat melakukan pencairan.

Semua persyaratan yang sudah kami sebutkan di atas tadi harus kamu bawa semua ya jangan sampai ada yang lupa. Nah, jadi ketika sudah waktunya pencarian kamu akan mendapatkan informasi waktu kapan harus mengambil bantuannya.

Cara Cek Bantuan UMKM

Buat kamu yang penasara apakah menjadi salah satu pelaku usaha yang berhak menerima bantuan UMKM. Maka langsung saja cek nama penerima bantuan UMKM melalui bank BRI.

Pada pembahasan kali ini juga kami akan memberikan langkah atau cara cek bantuan UMKM agar kamu tau pasti apakah kamu menjadi penerimanya atau bukan.

Bank BRI merupakan salah satu bank pemerintah yang tergabung di dalam program tersebut. Dan jika ingin mengecek bantuak UMKM bisa melalui bank tersebut.

  • Langkah pertama adalah kuujungi eform.bri.co.id melalui mesin pencarian yang ada di perangkatmu.
  • Ada beberapa kolom yang harus kamu isi dengan benar.
  • “Masukkan NIK” yang tertera di Kartu Tanda Penduduk milikmu.
  • Lalu “tuliskan ulang kode captcha” yang tertera disana ke dalam kolom yang sudah disediakan.
  • Kemudian tekan bacaan “Proses Inquiry”.
  • Dan hasilnya akan langsung keluar.

Apabila kamu pengajunmu berhasil maka akan mendapatkan ucapan di bagian atas begitu juga yang tidak. Di bagian bawahnya ada beberapa informasi yang harus kamu pahami dulu sebelum melakukan pencairan.

Baca Juga:  Aplikasi Pembuat Logo Online Gratis Android dan PC New

Cara Mencairkan BLT UMKN Bagi Yang Menerima

Jika kamu termasuk ke dalam salah satu penerima BLT UMKM dan sudah mengeceknya di laman bank BRI ataupun BNI, maka kamu bisa mencairkan dana tersebut.

Waktu pencairan dana ini memiliki jangka waktu selama 3 bulan sehingga kamu tidak perlu langsung datang ke bank terdekat untuk mengambil dana agar tidak terjadi kerumunan.

Apabila ingin mencairkan bantuan UMKM ini maka jangan lupa bawa semua persyaratan seperti yang sudah kami beritahu di atas. Apa yang harus dilakukan jika dinyatakan sebagai penerima BLT UMKM?

Kamu bisa mencairkan dana tersebut dan untuk langkah leih jelasnya silahkan cek penjelasan berikut ini ya teman-teman.

  • Pertama, lengkapi semua syarat pencairan seperti yang tertera pada informasi di laman bank terkait.
  • Lalu datang ke Unit kerja BRI yang terdekat dengan wilayah rumahmu.
  • Datanglah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Jika sudah menemui petugas maka berikan semua persyaratan tadi agar proses pencairan bisa dilakukan.
  • Tunggu hingga selesai dan kalau sudah dana akan segera diberikan.

Jangan lupa untuk selalu patuhi protokol kesehatan dan jangan sampai membuat kerumunan ya teman-teman.

Semoga pembahasan yang Geograf sampaikan mengenai cara cek bantuan UMKM ini bisa membantu para pembaca sekalian.

Anggun

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button