Cara Menghapus File APK Penipuan di Android, PC

Geograf – Perkembangan digital yang semakin canggih banyak memberikan kemudahan, namun bukan berarti tidak ada dampak negatifnya. Kejahatan online seperti penipuan juga marak terjadi sehingga sangat merugikan banyak orang. Banyak orang melakukan berbagai cara untuk mendapat keuntungan secara instan dengan menipu. Maka dari itu, cara menghapus file apk penipuan akan diberikan di bawah ini.

Para penipu sudah semakin cerdik dan meluncurkan berbagai cara terbaru untuk mengelabui target. Cara yang akhir-akhir ini sering dilakukan adalah dengan mengirimkan link apk palsu yang bisa digunakan untuk meretas akun dan data pribadi. Jadi, jangan sembarangan membuka link aplikasi dari orang asing karena bisa jadi itu adalah penipuan online.

Jadi pengguna smartphone dihimbau untuk harus tetap hati-hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sehingga penting untuk mengetahui cara menghapus file apk penipuan yang akan kami ulas di bawah ini. Simak pembahasannya hingga selesai.

Mengenal Apa Itu File Apk Penipuan. Berikut Penjelasannya.

File apk penipuan adalah program berbahaya yang bisa merugikan pengguna dengan meniru seolah-olah aplikasi asli. File apk peniupan ini biasanya meniru aplikasi game, media sosial, atau aplikasi lainnya yang terkenal dan telah banyak digunakan.

Apk ini bertujuan untuk meretas data seperti login akun, password, data pribadi lainnya yang bisa disalahgunakan. Selain itu, menginstal apk penipuan juga dapat merusak perangkat atau sistem pada ponsel.

File aplikasi penipuan biasanya disebarkan lewat situs web tidak resmi, iklan palsu, atau pun bahkan pesan pribadi. Mereka juga seringkali tersebar berbentuk link tautan di berbagai media sosial atau pesan aplikasi.

Maka dari itu untuk menghindari terkena penipuan, pengguna disarankan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi hanya dari sumber terpercaya dan resmi, seperti Google Play Store atau App Store. Jangan lupa juga untuk lakukan pembaruan sistem ke versi terbaru secara berkala, memasang anti virus, mengaktifkan fitur keamanan, serta menghapus file apk penipuan.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Bogor Yang Murah Untuk Keluarga

Simak Cara Menghapus File Apk Penipuan Yang Wajib Diketahui!

Tidak perlu bingung dan panik ketika kalian mendapat file aplikasi penipuan, bisa langsung hapus saja file tersebut. Jika belum mengetahui bagaimana cara menghapus filenya, maka tenang saja karena di bawah ini akan diberi tutorialnya.

Menghapus file apk bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Buat yang belum ngetahuinya, berikut ini adalah cara hapus file apk penipuan yang bisa kalian lakukan jika mendapatknya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka menu File Manager atau folder pengelola file yang ada di ponsel.
  2. Temukan folder tempat menyimpan file apk penipuan tersebut. Biasanya file baru otomatis tersimpan di folder “Downloads” atau “My Files”
  3. Seteleh menemukan file penipuan tersebut, tekan dengan menahan lama filenya sampai pilihan muncul.
  4. Pilihlah opsi Hapus atau Delete untuk menghapus file aplikasi penipuan tersebut.
  5. Paeriksa juga folder lainnya untuk memastikan sudah tidak ada file aplikasi penipuan tersebut.
  6. Jika telah menghapus semua file penipuan, maka hapus juga tempat sampah atau recycle pada ponsel untuk benar-benar menghapus apknya.

Itulah cara menghapus File Apk Penipuan yang wajib diketahui agar bisa langsung dilakukan ketika mendapatkannya. Selalu berhati-hati dan waspada sebelum menginstal aplikasi yang bukan adari sumber resminya. Selalu memeriksa apknya untuk menghindari penipuan dan serangan berbahaya.

Inilah cara Menghindari File APK Penipuan Beserta Penjelasannya

Kejahatan online seperti pnipuan telah marak terjadi seiring penggunaan teknologi yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia di masa kini. Untuk itu, pengguna perlu tahu cara menghindari aplikasi peniupan tersebut. Berikut cara beserta penjelasannya yang wajib untuk kamu ketahui.

Download Aplikasi Hanya Dari Sumber Yang Resmi

Cara pertama yang paling utama adalah pastikan untuk mengunduh aplikasi hany dari sumber resmi. Karena aplikasi penipuan hampir tidak mungkin dapat lolos dan masuk dalam platform resmi seperti Google Play Store atau App Store. Pada sumber lain mungkin saja terdapat apk penipuan.

Lihat Rating dan Ulasan Pengguna

Yang kedua cara yang bisa dilakukan untuk menghindari file apk penipuan adalah memerika rating dan ulasan pengguna sebelumnya di toko aplikasi. Jika lebih banyak ulasan buruk dan rating yang rendah, sebaiknya kamu pikir ulang untuk mengunduhnya karena mungkin apk penipuan.

Baca Juga:  Bloody Bastard Mod Apk Max Level + Unlimited Money

Periksa Profil Pengembang Aplikasi

Sebelum mengunduh sebuah aplikasi, ada baiknya memeriksa dan cek dahulu profil dari pengembang aplikasinya. Pastikan memiliki reputasi baik dan telah memiliki riwayat mengembangkan aplikasi sebelumnya yang terpercaya.

Lihat Permintaan Akses Aplikasi Yang Tidak Wajar

Saat mengunduh aplikasi, ketika ingin menginstalnya pada perangkat akan ada list permintaan izin akses perangkat. Lihatlah izin yang diminta tersebut, jika dirasa tidak wajar dan tidak relevan akses yang diminta dengan fungsi aplikasi, maka sebaiknya urungkan niat untuk mengunduhnya.

Gunakan Keamanan Tambahan Untuk Perangkat

Lakukan pemasangan aplikasi keamanan extra untuk perangkat. Aplikasi yang berfungsi dapat memindai dan mendeteksi file yang berbahaya. Ada beberapa aplikasi keamanan populer yang banyak digunakan seperti Avast, McAfee, atau Norton.

Tidak Klik Link Yang Mencurigakan

Untuk mencegah menjadi korban penipuan, tetap waspada dan hindari mengklik sembarang tautan atau tautan apk mencurigakan. Banyak penipuan dengan cara seperti ini, menyebarkan link untuk upaya melakukan phising.

Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi Perangkat

Pastikan untuk rutin melakukan membaharuan perangkat lunak dan aplikasi yang terinstal di perangkat. Pembaruan sistem operasi dan aplikasai ini berarti pengembang telah melakukan perbaikan dari versi sebelumnya. Dan mungkin juga perbaikan ini dari sisi keamanan agar dapat perlindungan dari serangan baru.

Menggunakan VPN

Gunakan VPN (virtual private network) ketika mengunduh dan mengakses situs atau menggunakan aplikasi tertentu. VPN sendiri telah diketahui sebagai alat yang dapat melindungi data dan privasi pribadi pengguna sehingga meminimalisir risiko mengunduh file apk penipuan.

Curigai Aplikasi Dengan Penawaran Yang Menguntungkan Tidak Wajar

Aplikasi yang mengklaim kelebihan dan keuntunguan yang terlalu bagus untuk penggunanya sehingga terlihat tidak masuk akal, maka patut dicurigai. Karena bisa jadi hal tersebut hanyalah modus penipuan, untuk menarik para korbannya yang tergiur dengan penawaran yang terlalu bagus.

Gunakan Logika dan Akal Sehat

Terakhir yang harus selalu dilakukan dalam hal apapun termasuk mengunduh dan menggunakan suatu aplikasi adalah gunakan akal sehat dan pertimbangkan baik-baik. Jika dirasa sudah mencurigakan maka lebih baik hindari dan selalu berhati-hati.

Ini Cara Yang Dapat Dilakukan Jika Terlanjur Mendownload File APK Penipuan

Bagaimana jika sudah terlajur mendownload file aplikasi penipuan tersebut? Nah, untuk kamu yang secara tidak sengaja dan baru menyadarinya, maka jangan panik. Ada hal-hal yang bisa dilakukan yang akan dibahas di sini.

Baca Juga:  Efek Bokeh Lights Xxii Xxiii Xxiv Full Bokeh Japanese

Penting untuk diketahui jika telah terlanjur mengunduh apk penipuannya. Supaya tidak bingung lagi, simak cara-cara berikut di bawah ini.

  1. Hapus file apk. Segera hapus file apk yang telah terunduh di perangkat tersebut secepatnya. Jangan membukanya atau menginstal file apk tersebut.
  2. Periksa Perangkat, pastikan tidak ada program atau aplikasi yang berbahaya dengan lakukan pemindaian antivirus di perangkat ponsel.
  3. Ubah Kata Sandi. Untuk mencegah info pribadi bocor, segera ubah kata sandi akun-akun yang ada seperti bank online, media sosial, email, dan lainnya.
  4. Laporkan aplikasi penipuan. Jika menemukan apk penipuan maka langsung saja laporkan aplikasi tersebut ke sumber atau toko resmi seperti Google Play Store atau App Store agar langsung dihapus dan mencegah korban baru.
  5. Waspada aktivitas yang mencurigakan. Selalu perhatikan terhadap aktivitas perangkatmu seperti iklan, penggunaan data, perubahan pengaturan tanpa izin jika hal itu berubah tidak wajar dan mencurigakan maka segera laporakan ke penyedia layanana.
  6. Download aplikasi keamanan tambahan. Untuk perlindungan perangkat yang lebih extra agar mencegah dari ancaman, maka instal aplikasi keamanan tambahan seperti antivirus di perangkat.

Lakukan Hal Ini Jika Sudah Terjebak di File Apk Penipuan! Begini Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui cara mencegah dari aplikasi penipuan, dan cara mengatasi jika telah terlanjur mengunduhnya, maka bagaimana jika sudah terjebak dan membuka aplikasi penipuan tersebut?

Simak caranya di sini! Hal ini wajib diketahui, hal yang harus dilakukan jika sudah terjebak penipuan berikut di bawah ini.

  1. Hapus segera aplikasi yang mencurigakan dan dirasa merupakan aplikasi penipuan tersebut dari perangkatmu.
  2. Nonaktifkan izin aplikasinya. Jika ternyata aplikasi tersebut tidak bisa dihapus, maka matikan segera izin aplikasinya pada pengaturan ponsel.
  3. Gunakan aplikasi antivirus yang terpercaya. Jalankan pemindai pada perangkat dengan antivirus yang akan mendeteksi aplikasi mencurigakan dan menghapusnya.
  4. Laporkan aplikasi. Jika telah terlanjur terjebak dan yakin bahwa benar penipuan, segera laporkan aplikasinya ke toko resmi seperti Google Play Store dan Apple App store bahwa aplikasi tersebut penipuan dan berbahaya.
  5. Perbarui sistem operasi ponsel. Pastikan sudah melakukan update ke sistem operasi terbaru perangkat untuk mendapatkan perbaruan sistem yang lebih baik.

Nah itulah tadi informasi yang berkaitan dengan cara menghapus file apk penipuan yang sangat merugikan bagi setiap penggunanya. Semoga kita semua terhindar dari tindakan yang kurang menyenangkan seperti ini.

Vena

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button