Gmeet Apk (Google Meet) Premium Download Versi Terbarunya

Geograf – Google Meet atau yang biasa disingkat gmeet merupakan sebuah aplikasi video konferensi yang dikembangkan oleh Google. Gmeet sendiri memiliki fungsi yang serupa dengan aplikasi Zoom Meetings. Pada tahun aplikasi ini marak digunakan lantaran saat itu hadir wabah COVID-19 yang melanda di seluruh penjuru dunia.

Aplikasi Google Meet ini sangatlah membantu manusia guna dapat tetap beraktivitas seperti biasa walaupun tidak dapat bertatap muka secara langsung. Memang pada saat itu terjadi lockdown yang mengharuskan seluruh masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas di luar ruangan demi dapat menghentikan penyebaran COVID-19.

Sehingga pada saat itu seluruh aktivitas dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan aplikasi video konferensi seperti Google Meet ini. Meskipun saat ini wabah COVID-19 sudah menjadi endemi, namun nyatanya aplikasi Gmeet masih tetap digunakan oleh banyak orang.

Pada pembahasan kali ini akan mengulas mengenai aplikasi Gmeet dengan beberapa fitur yang dimilikinya. Untuk itu simak ulasannya di bawah ini.

Google Meet, Aplikasi Video Konferensi Yang Efisien

Sebelumnya Google Meet diperkenalkan dengan nama Hangouts, namun saat ini lebih sering disebut gmeet. Gmeet sendiri adalah salah satu aplikasi video konferensi yang berada di bawah naungan Google. Aplikasi ini memang ditujukan untuk melakukan video konferensi secara daring.

Saat ini Google Meet sendiri telah banyak digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari individu, sekolah, universitas, hingga perusahaan. Melalui Google Meet, kegiatan pertemuan yang sebenarnya bisa dilaksanakan tanpa harus bertatap muka sekarang dapat dilakukan secara daring dengan mudah, praktis, dan jauh lebih efisien.

Kegiatan yang sering memanfaatkan aplikasi Google Meet ini biasanya seperti virtual meeting, pelatihan jarak jauh, presentasi, wawancara online, kelas online, webinar, dan masih banyak lainnya. Di era yang serba digital saat ini memang penggunaan aplikasi Google Meet kian meningkat dari waktu ke waktu.

Dengan Google Meet, penggunanya dapat melakukan panggilan video dengan satu ataupun banyak orang di dalamnya yang dapat dilakukan dengan mudah, asalkan memiliki koneksi internet yang stabil. Menariknya Google Meet ini merupakan aplikasi yang multi platform dengan artian dapat digunakan di berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, hingga komputer.

Selain itu, jika ingin menggunakan Google Meet pengguna tidak harus melakukan instalasi pada aplikasi ini di perangkat pengguna, cukup dengan menggunakan web browser saja sudah bisa mengakses Google Meet. Walaupun demikian, memang akan jauh lebih mudah jika memasang Google Meet langsung pada perangkat.

Baca Juga:  Best Cars to Buy in Hong Kong to Navigate the Urban Jungle!

Beberapa Fitur Unggulan Di Dalam Aplikasi Gmeet

Jika pembaca adalah salah satu pengguna baru dari aplikasi Google Meet ini maka wajib paham dengan beberapa fitur di dalamnya terlebih dahulu. Walaupun memang aplikasi ini mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun, namun tidak ada salahnya untuk memahami fitur yang dimaksudkan. Adapun beberapa fitur unggulan di dalam aplikasi ini diantaranya sebagai berikut:

Fitur Tanya Jawab

Fitur pertama yang disediakan oleh pihak pengembang ialah tanya jawab atau Q&A yang dapat dimanfaatkan ketika meeting online maupun kelas online berlangsung. Saat rapat peserta memiliki kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya bisa dengan menggunakan fitur ini.

Terdapat kolom khusus di dalam Google Meet yang berfungsi sebagai tempat untuk menulis pertanyaan maupun jawaban. Adanya fitur ini, rapat ataupun pertemuan dapat berjalan dengan baik dan lancar, siapa saja dapat mengajukan pertanyaan dan menanggapinya.

Polling

Fitur lainnya yang disedikana yaitu fitur Polling yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil suara terbanyak. Ketika berduksi saat rapat, alih – alih menanyakan pendapat secara langsung yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama, maka dapat menggunakan fitur ini untuk dapat mempersingkat waktu.

Melalui fitur Polling ini, nantinya seluruh suara peserta dapat dikumpulkan dengna cepat dan mudah. Host pertemuan dapat mengatur bentuk dari polling yang ingin diajukan dan ketika waktu polling habis nantinya hasil yang didapatkan dapat langsung diterima dan dapat diambil keputusannya.

Whiteboard

Selanjutnya terdapat fitur Whiteboard yang memiliki tampilan seperti Jamboard. Melalui fitur ini pengguna dapat menuliskan pesan apapun secara virtual ketika pertemuan berlangsung. Fitur ini nantinya akan membuka sebuah halaman kosong berwarna putih, atau biasa disebut sebagai papan tulis digital.

Pada Whiteboard tersebut juga nantinya bisa diberikan berbagai warna pada tulisan dengan bentuk yang berbeda. Fitur ini sangat berguna untuk mencatat hasil diskusi, materi pelajaran dan juga informasi penting lainnya yang disampaikan selama pertemuan berlangsung.

Background Blur atau Buram

Jika sedang terpaksa menghadiri pertemuan online di Google Meet namun tempat kurang memadai maka dapat memanfaatkan fitur yang dapat memburamkan latar belakang. Sehingga latar belakang dan objek – objek yang berada dibelakang nampak tidak jelas, buram, dan bisa menjaga privasi peserta pertemuan.

Mengurangi Distraksi Audio

Pihak Google juga ketika mengembangkan aplikasi ini telah meningkatkan kualitas video yang dikeluarkan ketika meeting berlangsung. Seperti mengurangi kebisingan, sehingga audio terdengar secara jernih dan peserta bisa mendengarkan materi yang disedang disampaikan dengan baik.

Fitur ini ditujukan untuk mengurangi suara – suara yang tidak dibutuhkan ketika meeting berlangsung dan juga yang tidak sengaja diperdengarkan. Contohnya seperti suara mouse, keyboard, kendaraan, serta percakapan di belakang layar.

Baca Juga:  Streaming Bokeh Museum Full Video Adegan 18+ Mantab Banget!

Manfaat maupun Kelebihan Jika Menggunakan Google Meet

Aplikasi Google Meet ini memiliki banyak manfaat dan kelebihan yang akan dirasakan tiap penggunanya. Selain penggunaanya yang gratis pun terdapat beberapa keunggulan lainnya yang dapat disimak informasi secara jelasnya di bawah ini.

Tampilan Sederhana dan Mudah Digunakan

Bagian pertama sudah jelas bahwa aplikasi Gmeet ini salah satu aplikasi yang mudah digunakan oleh siapa pun. Pihak Google mengembangkan aplikasi ini dengan baik supaya dapat dioperasikan oleh berbagai kalangan dengan mudah tanpa kerumitan.

Baik itu pengguna tua atau muda, tetap dapat menggunakan gmeet tanpa masalah. Proses kerjanya pun sangatlah mudah, baik itu pada perangkat mobile, tablet, ataupun komputer. Mudah untuk dapat bergabung ke dalam pertemuan dan mudah juga untuk membuat pertemuan dan mengundang orang – orangnya.

Tak terkecuali bagi pengguna baru, memang di awal harus beradaptasi terlebih dahulu mengenai fitur – fitur di dalam aplikasi, namun hal tersebut tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menguasai aplikasi ini secara cepat.

Tidak Perlu Instalasi Aplikasi

Pada bagian sebelumnya sudah disebutkan bahwa pengguna pun tetap bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus mendownloadnya pada perangkat yang digunakan. Aplikasi ini dapat diakses juga melalui web browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan lain sebagainya.

Hal tersebut sangatlah membantu pengguna yang tidak ingin memenuhi penyimpanan internal pada perangkat miliknya, sangat menguntungkan bukan?.

Dapat Diakses Berbagai Perangkat

Pengguna yang ingin mengakses Google Meet dapat menggunakan perangkat apa saja, seperti smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS, lalu tablet, laptop, hingga komputer.

Hal ini juga sangat membantu, khususnya ketika ingin mengatur pertemuan dengan layar yang lebar, maka dapat menggunakan komputer ataupun tablet. Jika ingin meeting di mana saja dengan fleksibel bisa dengan menggunakan smartphone.

Akses Dimana dan Kapan Saja

Menggunakan Google Meet juga bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Asalkan tempat tersebut memiliki jangkauan internet yang stabil sehingga dapat mengakses Google Meet. Maka dari itu kunci utama untuk dapat mengakses Google Meet dimana dan kapan saja yakni harus memiliki jaringan internet yang stabil.

Hemat Biaya

Manfaat lainnya dari penggunaan Google Meet adalah pengguna dapat menghemat biaya secara signifikan. Dengan menggunakan Google Meet, maka pertemuan dapat diatur secara online yang mana hal tersebut jauh lebih praktis dan efisien. Jika meeting dilakukan secara tatap muka, maka mungkin saja terjadi hal – hal yang tidak diinginkan selama menuju lokasi meeting.

Selain itu juga, pengguna dapat menghemat banyak hal, seperti biaya transportasi, akomodasi, tenaga, operasional, dan biaya tak terduga lainnya. Jika menggunakan Google Meet, pengguna hanya memikirkan satu biaya saja yakni paket data internet.

Baca Juga:  Download Xtreme Motorbike Mod Apk + Obb (Unlimited Money)

Mengatur Jadwal Pertemuan Menjadi Lebih Mudah

Sifat Google Meet sendiri terlihat fleksibel, pengguna dapat mengatur jadwal meeting dengan mudah dan bisa memastikan peserta yang dapat hadir dan berhalangan hadir. Jika seluruh peserta dapat hadir maka meeting yang dijadwalkan dapat berjalan dengan maksimal.

Meningkatkan Produktivitas

Mengapa aplikasi Gmeet ini dapat meningkatkan produktivitas dari penggunanya? karena peserta meeting dapat berinteraksi langsung tanpa harus bertemu secara fisik. Pertemuan dalam jaringan akan tetap berjalan dengan kondusif tanpa adanya gangguan macet, cuaca buruk, ataupun gangguan lainnya.

Panduan Menggunakan Aplikasi Google Meet (Gmeet)

Jika sudah membaca mendalam mengenai informasi yang sudah disampaikan sebelum ini, maka selanjutnya perhatikan panduan penggunaan aplikasi ini dengan baik supaya nantinya tidak salah langkah, khususnya bagi pengguna baru.

Mengakses Google Meet Melalui Smartphone/Tablet

Bagaimana cara mengakses Google Meet pada smartphone atau tablet yang dimiliki pengguna, berikut ini beberapa langkahnya yang bisa diikut:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Google Meet melalui App Store atau Google Play Store.
  • Bukalah aplikasi Google Meet, dan lakukan aktivitas login menggunakan akun Google yang dimiliki.
  • Jika berhasil masuk, buatlah Rapat Baru atau Gabung ke Rapat yang sudah ada.
  • Jika ingin mengaktifkan kamera dan audio, maka klik ikon Mikrofon dan Kamera.
  • Lalu klik Bagikan Layar untuk dapat membagikan layar pada perangkat yang sedang digunakan, biasanya ini dilakukan untuk presentasi.
  • Jika ingin berkomunikasi, bertanya, dan hal serupa lainnya dapat klik Chat.
  • Jika meeting sudah selesai maka dapat klik Tombol Keluar.

Mengakses Google Meet Melalui Komputer/Laptop

Selain smartphone ataupun tablet, pengguna juga bisa mengaksesnya melalui komputer maupun laptop yang panduannya tidak jauh berbeda dengan menggunakan smartphone. Adapun caranya dapat disimak di bawah ini.

  • Bukalah web browser yang terdapat di komputer atau laptop yang dimiliki.
  • Kunjungi situs resmi Google Meet dengan alamat situs https://meet.google.com/
  • Masuk ke akun Google yang dimiliki.
  • Jika ingin membuat rapat baru maka dapat klik Buat Rapat Baru.
  • Namun jika ingin bergabung dengan rapat yang sudah berlangsung, maka dapat memasukkan kode rapat yang dibagikan.
  • Jika ingin mengaktifkan kamera dan juga audio maka klik bagian Kamera dan Mikrofon.
  • Jika ingin membagikan layar di Gmeet, maka dapat klik Bagikan Layar.
  • tombol Chat berguna untuk berkomunikasi dengan peserta lain melalui teks.
  • Jika meeting sudah selesai dapat klik Keluar.

Dengan menggunakan Google Meet untuk melaksanakan pertemuan secara online sangatlah mudah, efektif, dan efisien. Terlebih lagi aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai Gmeet, semoga informasi di atas dapat membantu dan bermanfaat ya.

Vena

Geograf.id merupakan situs berita dan informasi terbaru saat ini. Kami menyajikan berita dan informasi teknologi yang paling update.
Back to top button